kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Dharma Satya Nusantara (DSNG) bakal tambah dua pabrik kelapa sawit baru


Kamis, 17 September 2020 / 16:10 WIB
Dharma Satya Nusantara (DSNG) bakal tambah dua pabrik kelapa sawit baru
ILUSTRASI. Pabrik pengolahan kelapa sawit PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) bakal menambah pabrik kelapa sawit (PKS) baru. Jika tidak ada aral melintang pabrik PKS anyar ini akan rampung di 2021 mendatang. 

Direktur Utama Dharma Satya Nusantara Andrianto Oetomo menjelaskan, DSNG sedang dalam proses membangun dua pabrik kelapa sawit (PKS) yang targetnya bisa selesai di 2021. Sebenarnya, pembangunan sudah dimulai dari akhir 2019 dan berlangsung hingga Maret 2020, sebelum akhirnya tertunda karena pandemi virus corona.

"Kami berharap di kuartal ke IV 2020 ini pembangunan dapat segera dilanjutkan apabila kondisi sudah kondusif sehingga dapat diselesaikan di tahun 2021. Adapun investasi yang akan diserap untuk masing-masing pabrik senilai Rp 250 miliar," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (17/9). 

Mengenai sumber dana investasinya, Andrianto memaparkan sebagian sudah menyerap dari belanja modal di tahun ini. Namun karena pembangunannya tertunda, sebagian modalnya lagi akan diserap dari capex tahun depan. 

Baca Juga: Dharma Satya Nusantara (DSNG) diperkirakan hanya serap sekitar 70% capex tahun ini

Di sepanjang tahun ini, Andrianto memaparkan awalnya proyeksi belanja modal di tahun ini senilai Rp 1,1 triliun. Namun, rencana tersebut agak terhambat akibat pandemi virus corona. Sampai dengan semester I 2020, DSNG telah menyerap belanja modal senilai Rp 450 miliar hingga Rp 500 miliar. 

"Di akhir tahun nanti harapannya hanya mencapai Rp 700 miliar - Rp 800 miliar yang sebagian besar untuk pabrik kelapa sawit," jelasnya. 

Asal tahu saja, saat ini secara grup, Dharma Satya Nusantara Group mengoperasikan 10 pabrik. Setelah rampungnya pembangunan dua pabrik anyar tersebut, maka pada 2021 DSNG akan mengoperasikan 12 pabrik. 

Mengenai prospek bisnis hingga akhir tahun ini Andrinato memaparkan DSNG menargetkan produksi CPO sebanyak 700.000 ton sampai dengan Desember 2020.  Namun,  target ke arah keuangan (pendapatan dan laba), lanjut Andrianto, tentu tergantung pada harga CPO hingga akhir tahun nanti. 

 

Selanjutnya: Operasikan Bio-CNG Plant, Dharma Satya (DSNG) bisa hemat 2 juta liter solar per tahun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×