Reporter: Ario Fajar |
JAKARTA. Tahun ini, DHL menargetkan jumlah pelanggan naik 20% menjadi 10.000 pelanggan. Target ini dipatok seiring dengan peningkatan sejumlah traffic pengiriman barang ke dalam negeri maupun ke luar negeri.
Tahun 2009 saja, lebih dari 17,5 juta kilo kargo (barang) berhasil dikirim ke berbagai tujuan. Contohnya Singapura, Malaysia, Jepang, Eropa dan Amerikan Serikat dengan lebih dari 14 kali penerbangan kargo dalam seminggu.
“Kami terus memperluas jaringan dengan menambah jumlah gateway dan armada. Saat ini kami memiliki 6 gateway yang tersebar di Indonesia,” ujar Ahmad Mohamad Senior Technical Advisor PT Birotika Semesta/DHL Express Indonesia di Jakarta, Selasa (26/10).
Hampir 100% pelanggan DHL berasal dari korporasi atau industri. Mayoritas industri yang paling menjadi pelanggan DHL adalah pertambangan, tekstil, dan retail.
Untuk gateway Balikpapan contohnya, DHL menguasai sektor pengiriman alat-alat berat untuk industri pertambangan. Dari semula 3 kali penerbangan ke Singapura, kini bisa mencapai 4-5 kali penerbangan setiap minggu dengan ribuan ton alat berat yang dari dan ke Balikpapan.
Layanan empat kali seminggu ini menyediakan pengiriman next-day deliveries dengan menggandeng PT Tri-M.G. Intra Asia Airlines.
Untuk sektor retail, DHL masih mengandalkan pasar di Jakarta dengan gateway-nya yang terletak di Bandara Soekarno Hatta. Biasanya barang-barang tersebut dikirim ke beberapa daerah kawasan industri seperti Bekasi, Cikarang, Karawang dan juga Jakarta. Sayangnya, Ahmad enggan berbicara soal perkiraan pertumbuhan pendapatan masing-masing gateway.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News