Reporter: Ahmad Febrian, Francisca Bertha Vistika | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah persaingan yang semakin ketat serta tekanan terhadap daya beli masyarakat, sejumlah produsen elektronik memilih strategi diferensiasi untuk menjaga pertumbuhan bisnis. Mereka fokus pada segmen premium, penguatan layanan purna jual, serta kolaborasi pemasaran.
PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia misalnya, memperkuat penetrasi di segmen kulkas premium yang dinilai relatif stabil dibandingkan segmen mass market. Perusahaan melihat pasar kelas atas tetap memiliki potensi meski kondisi ekonomi sedang menantang.
Arcelik Hitachi juga menaruh perhatian pada penguatan layanan purna jual sebagai bagian dari strategi mempertahankan kepercayaan konsumen.
Direktur Sales PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia, Pieter Cahyono menyebutkan, porsi pasar elektronik premium saat ini berada di kisaran 20%–30% dari total pasar.
“Meskipun ekonomi cukup menantang, kami optimistis menggarap pasar premium dan segmen lainnya melalui lini produk yang kami miliki,” ujarnya kepada Kontan beberapa waktu lalu.
Baca Juga: Catur Sentosa (CSAP) Gelar Program Trade-In, Tukar Tambah Elektronik di Mitra10
Sementara itu, AQUA Elektronik memilih strategi kolaborasi pemasaran untuk memperkuat posisi merek dan menjangkau segmen konsumen yang lebih luas. Melalui kerja sama dengan perusahaan teh dan minuman, Tianlala, AQUA Elektronik menawarkan berbagai hadiah langsung bagi konsumen.
Mulai dari produk Tianlala gratis, voucher belanja, hingga hadiah utama berupa produk elektronik seperti AC, kulkas, dan freezer dari AQUA Elektronik. Mekanisme klaim dirancang sederhana agar mudah diakses konsumen.
Direktur Sales AQUA Elektronik, Duan Shengbao menilai, kolaborasi ini saling menguntungkan. "Kami ingin memperkuat keterhubungan brand AQUA Elektronik dengan pasar yang lebih luas,” ujarnya, dalam rilis ke Kontan.co.id, Senin (15/12).
Branding Director Tianlala, Michelle, menambahkan kolaborasi ini membuka akses baru bagi kedua merek ke komunitas kreatif dan konsumen gaya hidup.
Selanjutnya: Menakar Kinerja Perbankan pada Akhir Tahun 2025
Menarik Dibaca: Jadwal Puskas Award 2025: Rizky Ridho Menang? Klik Link Live Streaming di Sini
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News












