kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.464.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.704   22,00   0,13%
  • IDX 8.686   36,81   0,43%
  • KOMPAS100 1.194   2,51   0,21%
  • LQ45 854   1,47   0,17%
  • ISSI 310   2,31   0,75%
  • IDX30 438   -2,03   -0,46%
  • IDXHIDIV20 505   -3,69   -0,72%
  • IDX80 134   0,58   0,44%
  • IDXV30 139   0,23   0,16%
  • IDXQ30 139   -0,99   -0,71%

Di Tengah Tekanan Daya Beli, Simak Strategi Produsen Elektronik Menjaga Pertumbuhan


Selasa, 16 Desember 2025 / 21:21 WIB
Di Tengah Tekanan Daya Beli, Simak Strategi Produsen Elektronik Menjaga Pertumbuhan
ILUSTRASI. Tak Sekadar Mendinginkan Ruangan, AC Mampu Jaga Kesehatan Hingga Tingkatkan Produktivitas (Dok/AQUA Elektronik Indonesia)


Reporter: Ahmad Febrian, Francisca Bertha Vistika | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah persaingan yang semakin ketat serta tekanan terhadap daya beli masyarakat, sejumlah produsen elektronik memilih strategi diferensiasi untuk menjaga pertumbuhan bisnis. Mereka fokus pada segmen premium, penguatan layanan purna jual, serta kolaborasi pemasaran.

PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia misalnya, memperkuat penetrasi di segmen kulkas premium yang dinilai relatif stabil dibandingkan segmen mass market. Perusahaan melihat pasar kelas atas tetap memiliki potensi meski kondisi ekonomi sedang menantang.

Arcelik Hitachi juga menaruh perhatian pada penguatan layanan purna jual sebagai bagian dari strategi mempertahankan kepercayaan konsumen.

Direktur Sales PT Arcelik Hitachi Home Appliances Sales Indonesia, Pieter Cahyono menyebutkan, porsi pasar elektronik premium saat ini berada di kisaran 20%–30% dari total pasar.

“Meskipun ekonomi cukup menantang, kami optimistis menggarap pasar premium dan segmen lainnya melalui lini produk yang kami miliki,” ujarnya kepada Kontan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Catur Sentosa (CSAP) Gelar Program Trade-In, Tukar Tambah Elektronik di Mitra10

Sementara itu, AQUA Elektronik memilih strategi kolaborasi pemasaran untuk memperkuat posisi merek dan menjangkau segmen konsumen yang lebih luas. Melalui kerja sama dengan perusahaan teh dan minuman, Tianlala, AQUA Elektronik menawarkan berbagai hadiah langsung bagi konsumen.

Mulai dari produk Tianlala gratis, voucher belanja, hingga hadiah utama berupa produk elektronik seperti AC, kulkas, dan freezer dari AQUA Elektronik. Mekanisme klaim dirancang sederhana agar mudah diakses konsumen.

Direktur Sales  AQUA Elektronik, Duan Shengbao menilai, kolaborasi ini saling menguntungkan. "Kami ingin memperkuat keterhubungan brand AQUA Elektronik dengan pasar yang lebih luas,” ujarnya, dalam rilis ke Kontan.co.id, Senin (15/12). 

Branding Director Tianlala, Michelle, menambahkan kolaborasi ini membuka akses baru bagi kedua merek ke komunitas kreatif dan konsumen gaya hidup.

Selanjutnya: Menakar Kinerja Perbankan pada Akhir Tahun 2025

Menarik Dibaca: Jadwal Puskas Award 2025: Rizky Ridho Menang? Klik Link Live Streaming di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi, Tips, dan Kertas Kerja SPT Tahunan PPh Coretax Orang Pribadi dan Badan Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM)

[X]
×