kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ditopang Sigra, Daihatsu klaim kuasai 18% pangsa pasar ritel di awal tahun


Jumat, 14 Februari 2020 / 22:39 WIB
Ditopang Sigra, Daihatsu klaim kuasai 18% pangsa pasar ritel di awal tahun
ILUSTRASI. Peluncuran New Astra Daihatsu Sigra di Tangerang, Banten, Senin (16/9). Ditopang Sigra, Daihatsu klaim kuasai 18% pangsa pasar ritel di awal tahun 2020. KONTAN/Baihaki/16/9/2019

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membukukan penjualan ritel (dari diler ke konsumen) sebanyak 14.582 unit di sepanjang bulan Januari 2020. Seiring dengan pencapaian tersebut, agen pemegang merek (APM) kendaraan Daihatsu ini mengklaim telah meraih penguasaan pasar (market share) sebesar 18%.

“Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2020 dengan capaian penjualan yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus Corona, Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif,” ujar Marketing Director ADM, Amelia Tjandra dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id pada Jumat (14/02).

Baca Juga: Akhir pekan ini Suzuki XL7 mengaspal, berikut skema kreditnya

Berdasarkan komposisinya, sebagian besar penjualan ritel masih berasal dari penjualan Sigra sebanyak 4.307 unit atau setara dengan sekitar 29,5% dari total penjualan ritel. Menyusul, Gran Max (PU) dan Terios tercatat sebagai line up dengan porsi kontribusi terbesar kedua dan ketiga dalam penjualan.

Mengacu kepada data internal ADM, ritel Gran Max (PU) di sepanjang Januari 2020 tercatat sebanyak 2.920 unit atau setara dengan 20% dari total penjualan. Sementara itu, penjualan ritel Terios pada periode yang sama tercatat sebanyak 2.261 unit atau setara dengan 15,5% dari total penjualan.

Adapun sekitar 35% penjualan ritel sisanya terdiri atas penjualan Xenia sebanyak 1.883 unit (12,9%), Ayla 1.566 unit (10,7%), Gran Max (MB) 1.251 unit (8,6%), dan lain-lain 394 unit (2,7%).

Di sisi lain, Daihatsu juga membukukan penjualan wholesales (dari pabrikan ke diler) sebanyak 14.173 pada periode yang sama. Melalui capaian tersebut, Daihatsu mengklaim telah menguasai 17,7% pangsa pasar wholesales di sepanjang Januari 2020.

Baca Juga: Pertamina, Shell, dan Total ramai-ramai pangkas harga BBM, siapa yang termurah?

Menurut penjelasan manajemen,  realisasi kinerja penjualan kendaraan  Daihatsu tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam memperkuat jaringan penjualan dan purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia dan selalu bertambah jumlahnya.





Close [X]
×