kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DMO Batubara US$ 90 per Ton Berlaku April 2022, Begini Tanggapan Pelaku Usaha


Selasa, 29 Maret 2022 / 19:12 WIB
DMO Batubara US$ 90 per Ton Berlaku April 2022, Begini Tanggapan Pelaku Usaha
ILUSTRASI. Alat berat menata batubara sebagai bahan bakar


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menetapkan kebijakan harga batubara domestic market obligation (DMO) sebesar US$ 90 per metrik ton untuk sektor industri di luar industri pengolahan/pemurnian logam mulai April 2022 ini. 

Dengan demikian, manfaat dari kebijakan ini tidak hanya akan dirasakan oleh industri semen dan pupuk saja, tetapi juga dirasakan oleh industri lainnya, kecuali   industri pengolahan/pemurnian logam, mulai April 2022 nanti. Sebelumnya, insentif ini hanya berlaku bagi industri semen dan pupuk sampai Maret 2022 sebelum kemudian diperpanjang dengan target sasaran kebijakan yang diperluas.

Kebijakan yang dimuat dalam  Kepmen ESDM No 58.K/HK.02/MEM.B/2022 tentang Harga Jual Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku/Bahan Bakar Industri di Dalam Negeri ini mendapat sambutan dari kalangan pelaku industri.

Baca Juga: Produsen Pupuk Siapkan Diri Menyambut Kebijakan Batubara DMO Seharga US$ 90 per Ton

Vice President Corporate Secretary PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) Doddy Irawan mengatakan, SMBR siap memaksimalkan manfaat dari kebijakan ini dengan cara memaksimalkan output produksi sembari tetap memerhatikan kondisi pasar. “Ke depan SMBR tentu akan memaksimalkan output menyesuaikan dengan kondisi pasar saat ini dan ke depan,” ujar Doddy kepada Kontan.co.id (29/3).

Menurut Doddy, SMBR  kebijakan harga DMO US$ 90 per ton bisa menekan biaya produksi pelaku usaha semen, sebab harga batubara dari pemasok bisa berada di atas US$ 90 per ton sebelum adanya aturan harga DMO batubara US$ 90 per ton.

Padahal, porsi kontribusi batubara dalam struktur biaya produksi memiliki porsi yang cukup besar. Dalam struktur biaya produksi semen SMBR sendiri, penggunaan batubara bisa berkontribusi hingga  20% dalam ongkos produksi perusahaan.




TERBARU

[X]
×