kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.439.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Dorong Akses Air Bersih di Desa Sidomulyo, Pertagas Beri Pelatihan Pompa


Selasa, 03 September 2024 / 13:30 WIB
Dorong Akses Air Bersih di Desa Sidomulyo, Pertagas Beri Pelatihan Pompa
Program penyediaan air bersih dari PT Pertamina Gas (Pertagas) di Desa Sidomulyo, Kecamatan Gunung Megang, Muara Enim, Sumatera Selatan.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Pertamina Gas (Pertagas) melalui program Pusaka Tirta mendorong pemberdayaan masyarakat dengan penyediaan air bersih di Desa Sidomulyo, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Pertagas melalui wilayah kerja Operation South Sumatera Area (OSSA), memfasilitasi kegiatan workshop perawatan pompa celup (submersible pump) yang biasa digunakan oleh kelompok Pamsimas Desa Sidomulyo dalam mengangkat dan mendistribusikan air tanah. Pelatihan yang diberikan mencakup pengenalan spesifikasi pompa, perawatan spare part pompa hingga prosedur perawatan pompa.

Corporate Secretary Pertamina Gas, Muhammad Baron mengatakan Pertagas selalu mengupayakan untuk berperan aktif dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's) dengan meningkatkan kapasitas masyarakat sebagai salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan di wilayah buffer zone-nya.

Pelatihan yang diberikan Pertagas OSSA, kata Baron, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Desa Sidomulyo dalam mengelola air secara berkelanjutan. 

“Pelatihan ini juga merupakan bukti nyata perusahaan dalam mendukung pencapaian SDG's melalui sharing knowledge kompetensi yang dimiliki oleh Pertagas" ujar Baron dalam siaran pers, Senin (2/9).

Baca Juga: Pertagas Salurkan Gas ke Kawasan Industri Terpadu Batang Jateng

Baron menjelaskan, Desa Sidomulyo merupakan desa transmigran yang dikelilingi oleh perkebunan sawit dan belakangan ini mengalami perubahan landscape karena aktivitas industri. Selain itu, jarak Desa Sidomulyo dari jalan lintas provinsi pun mencapai 6 km yang menjadikan Desa Sidomulyo cukup terkendala dalam akses penyediaan air bersih dari kota. Sehingga Desa Sidomulyo harus bisa memenuhi kebutuhan air bersih dengan upayanya sendiri.

Menurutnya, program sharing knowledge kompetensi perawatan pompa yang dilaksanakan oleh Pertagas OSSA merupakan salah satu kegiatan dalam program Pusaka Tirta yang berfokus pada perilaku hidup yang bertanggung jawab (responsible living) khususnya dalam pengelolaan air. Program Pusaka Tirta bertujuan untuk mengajak masyarakat peduli dan sadar tentang pentingnya pemanfataan sumber air yang berkelanjutan.

Kegiatan Program Pusaka Tirta terbagi menjadi tiga kategori yaitu adaptasi, mitigasi dan rehabilitasi. Ketiga kegiatan ini berperan penting dalam menjaga ketersediaan sumber mata air dan meminimalisir dampak krisis iklim yang terjadi.

"Program Pusaka Tirta mendukung pencapaian SDG's pada tujuan ke-6 yaitu desa layak air bersih dan sanitasi serta tujuan ke-12 yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab. Dalam pelaksanaan program CSR, Pertagas OSSA juga selalu mengedepankan pengelolaan bisnis perusahaan sesuai dengan aspek Environment, Social, Governance (ESG)," pungkas Baron.

Selanjutnya: Sila Pilih, Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Di ATM BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB, Permata

Menarik Dibaca: Zoho Berkolaborasi dengan ITS Surabaya Mengintegrasikan Modul LCNC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×