kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong bisnis mikro, Rakuten luncurkan MicroB


Jumat, 03 Oktober 2014 / 14:13 WIB
Dorong bisnis mikro, Rakuten luncurkan MicroB
ILUSTRASI. German Chancellor Olaf Scholz and Indonesian President Joko Widodo open the Indonesian pavilion at the annual industry trade fair Hannover Messe in Hanover, Germany April 17, 2023. REUTERS/Fabian Bimmer


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Rakuten, pemilik marketplace lokal Rakuten Belanja Online (RBO), semakin serius mendorong bisnis mikro di Indonesia dengan menggandeng banyak pengusaha mikro yang ingin berbisnis e-commerce. Hal itulah yang menjadi inisiatifnya meluncurkan program MicroB.

Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online menyatakan, program MicroB menunjukkan komitmen lebih lanjut kami untuk membantu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan memberdayakan bisnis mikro.

"Hingga saat ini segmen bisnis terbesar di negara ini masih kekurangan dana untuk beralih dari offline ke online. Dengan membebaskan biaya untuk bergabung dan menjual produknya di marketplace RBO, program MicroB ini akan membantu mereka untuk menjual produknya hingga ke luar kios atau rumah mereka dan menjangkau ke pelanggan di seluruh Indonesia," katanya dalam siaran resminya, Jumat (3/10).

Program ini didesain untuk membantu bisnis mikro di Indonesia agar dengan mudah dapat bergabung dengan marketplace RBO, menjangkau basis pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan.

Melalui program MicroB ini, pemilik usaha individual terpercaya dan bukan berbentuk perusahaan yang menawarkan produk-produk berkualitas, akan mendapatkan beragam manfaat seperti didukung oleh Rakuten’s Merchant System (RMS), mendapatkan 100MB ruang penyimpanan, kuota jaringan gratis, kemampuan untuk mengupload maksimal 100 produk dalam jangka waktu 6 bulan serta keuntungan tambahan berupa penawaran Rakuten Super Points untuk pelanggannya.

Suryanto, pemilik dari kadounik.com, salah satu pemilik e-commerce berskala mikro yang telah tergabung dalam program MicroB Rakuten Belanja Online, bilang bahwa sejak bergabung dengan RBO sebagai merchant usaha kecil Maret 2011, pihaknya telah mengembangkan basis pelanggan dan menumbuhkan bisnisnya.

MicroB adalah kelanjutan dari RBO SME Outreach Program yang telah membantu merchant di Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Medan untuk memulai bisnis online mereka dan menawarkan produk-produk lokal unik mereka ke basis pelanggan yang lebih luas. Sejak diluncurkan September 2013, RBO SME Outreach Program telah membantu memperluas basis pelanggan RBO dari 90% di Jakarta, ke 70% dari Jakarta dan wilayah lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bisnis-bisnis mikro bisa bergabung dengan program ini hanya dengan mengisi formulir registrasi MicroB di situs RBO. Setelah melakukan registrasi mereka akan melewati proses seleksi yang meliputi verifikasi data merchant dan produk yang ditawarkan untuk memastikan bahwa bisnis- tersebut terpercaya dan menjual hanya produk asli. Proses ini memakan waktu hingga 10 hari kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×