kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Pemerataan Internet di Indonesia, INET Gaet OneWeb


Senin, 18 September 2023 / 16:00 WIB
Dorong Pemerataan Internet di Indonesia, INET Gaet OneWeb
ILUSTRASI. PT Sinergi Inti Andalan Prima Tbk (INET) atau Sinergy Networks.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinergi Inti Andalan Prima Tbk (INET) resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan PT Dwi Tunggal Putra (DTP). 

INET adalah perusahaan internet berbasis kabel fiber optik yang memiliki jangkauan kabel sepanjang 3,500KM di Pulau Jawa dimana menjangkau 140 juta populasi, 592 kota, dan 18.000 desa di Indonesia.

DTP adalah perusahaan distributor layanan OneWeb, perusahaan internet berbasis satelit global dimana kerjasama OneWeb dengan DTP menghadirkan BuanterOne untuk bersaing dengan Starlink.

OneWeb adalah perusahaan internet berbasis satelit yang berasal dari Eropa. Mereka telah meluncurkan 428 dari 648 satelit OneWeb secara global yang beroperasi sebagai “Low Earth Orbit (LEO)”. Melalui pancaran broadband internet dari satelit, konektivitas internet dapat disebar ke daerah permukaan bumi langsung kepada pengguna dengan sangat cepat dan rata.

Baca Juga: Tambah Jaringan Rumah Sakit, Medikaloka Hermina (HEAL) Yakin Target Bisnis Tercapai

Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas pemerataan jangkauan internet ke daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) atau daerah terpencil di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, INET menargetkan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dan pemerataan akses digital di seluruh Indonesia.

Teknologi ini menghadirkan harapan baru bagi ribuan desa dan komunitas di Indonesia yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses internet. OneWeb, yang memiliki visi serupa dengan Starlink milik Elon Musk, akan menyediakan konektivitas internet cepat melalui jaringan satelit mereka.

"Kerjasama ini adalah tonggak penting dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. Kami berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang kuat guna menghadirkan konektivitas internet berkualitas tinggi ke daerah-daerah yang sebelumnya terisolasi," kata Direktur Utama INET, Muhammad Arif dalam keterangannya, Senin (18/9).

"BuanterOne bangga dapat berkolaborasi dengan INET dalam berkontribusi membantu Indonesia mencapai tujuannya dalam mewujudkan konektivitas internet yang merata di seluruh Indonesia," timpal Direktur DTP, Michael Alifen.

Indonesia sedang memasuki era baru konektivitas digital yang akan membawa manfaat luar biasa bagi masyarakat yang sebelumnya kurang tersentuh oleh kemajuan teknologi. Kerjasama ini diharapkan akan mempercepat proses pemerataan akses internet, meningkatkan pendidikan, memungkinkan pelayanan kesehatan jarak jauh, serta mendorong pertumbuhan bisnis digital di daerah-daerah terpencil. Kedua perusahaan berkomitmen untuk menjalankan proyek ini dengan cepat dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×