kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Empat lelang blok migas sudah laku


Kamis, 03 Mei 2018 / 12:34 WIB
Empat lelang blok migas sudah laku
ILUSTRASI.


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menetapkan pemenang wilayah kerja migas yang ditawarkan secara langsung pada tahun ini. Jonan bilang, ada empat blok yang telah ditetapkan pemenangnya.

Pertama, Blok Citarum yang dimenangkan oleh konsorsium PT Cogen Nusantara Energi dan PT Green World Nusantara. Konsorsium menetapkan komitmen pasti senilai US$3,75 juta dan bonus tanda tangan senilai US$750.000.

Kedua, Blok East Ganal dimenangi oleh Eni Indonesia Ltd. setelah berhasil memenangkan lelang dari pesaingnya yaitu Konsorsium AGRA IV - EnQuest Global Ltd. Pemerintah menetapkan investasi untuk komitmen pasti di Blok East Ganal dengan total US$35,35 juta dan bonus tanda tangan senilai US$1,5 juta.

Ketiga, Blok East Seram dimenangkan oleh Lion Energy Ltd. Nilai komitmen pastiĀ  blok ini senilai US$ 900.000 dan bonus tanda tangan
US$ 500.000. Keempat, Blok Southeast Jambi berhasil dimenangkan oleh Konsorsium Talisman West Bengara B.V - MOECO South Sumatra Co. Ltd. Nilai komitmen pasti untuk blok ini senilai US$4,65 juta dan bonus tanda tangan US$500.000.

Total nilai komitmen pasti dari empat blok migas tersebut senilai US$44,65 juta. Sementara total bonus tanda tangan senilai US$3,25 juta.

Selain keempat wilayah kerja yang dilelang tahun ini, ada satu wilayah kerja yang belum mendapatkan peminat, yaitu Blok East Papua. Pemerintah berencana menawarkan kembali pada penawaran migas selanjutnya.

Jonan bilang pemenang lelang lapangan migas penawaran langsung nantinya akan menandatangani kontrak bagi hasil gross split. "Untuk lelang wilayah kerja migas, kami sudah menerapkan sistem tax royalty yang dikenal dengan gross split. Sementara wilayah kerja yang kontraknya masih ada tetap sesuai perjanjian yang ada, waktu perpanjangan baru kami ubah kontraknya," jelas Jonan dalam acara Konvensi dan Pameran IPA ke-42 tahun 2018, Rabu (2/5).

Pada tahun ini, secara keseluruhan Pemerintah telah menawarkan 24 lapangan migas konvensional. Lima wilayah kerja dengan mekanisme penawaran langsung dan 19 wilayah kerja melalui mekanisme lelang reguler. Untuk lelang penawaran langsung prosesnya selesai dan diumumkan pemenangnya pada kesempatan ini. Sedangkan proses lelang regulerĀ  berlangsung hingga 19 Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×