kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,09   7,49   0.75%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ENZ kolaborasi dengan Kopi Tuli & UC Business gelar kompetisi ide bisnis bagi pelajar


Kamis, 23 September 2021 / 21:45 WIB
ENZ kolaborasi dengan Kopi Tuli & UC Business gelar kompetisi ide bisnis bagi pelajar
ILUSTRASI. Ilustrasi Start Up.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Education New Zealand (ENZ) bekerjasama dengan Kopi Tuli dan Sekolah Bisnis Universitas Canterbury (UC Business School) kembali mendorong para pelajar di Indonesia mengembangkan keterampilan untuk menjadi modal mereka dalam menghadapi masa depan.

Kolaborasi itu dilakukan dengan meluncurkan Kompetisi Ide Wirausaha Indonesia (KIWI Challenge 2021). Ini merupakan program tahun kedua. Kompetisi ini menyasar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Pulau Jawa.

Kopi Tuli merupakan sebuah bisnis sosial berupa kafe yang bertujuan memberdayakan orang-orang dengan disabilitas, menciptakan lingkungan yang inklusif untuk semua orang, dan dimiliki dan dioperasikan oleh para anggota komunitas Tuli di Indonesia.

Baca Juga: Kisah sukses tunarungu mendirikan gerai kopi dengan brand Kopi Tuli

KIWI Challenge 2021 mengusung tema Teknologi Pendidikan. Pasalnya, siswa di Indonesia termasuk pengguna teknologi di sekolah yang tertinggi secara global, dengan lebih dari 40% dari mereka menggunakan ruang komputer.

Namun, Indonesia masih memiliki tantangan dalam menyediakan pendidikan yang inklusif dan berkualitas tinggi bagi para siswanya di tengah meningkatnya permintaan untuk teknologi pendidikan seiring pandemi yang masih berlangsung.

Ben Burrowes, Direktur Regional Asia ENZ mengatakan, program ini sejalan dengan misi ENZ untuk membuat pendidikan lebih mudah diakses bagi masyarakat luas dan membangun masyarakat yang inklusif secara internasional. Selaras dengan ini, siswa dengan disabilitas sangat didorong untuk berpartisipasi dalam KIWI Challenge 2021.

“Tahun ini, kami mengalihkan fokus ke Teknologi Pendidikan karena ini adalah area di mana kami melihat adanya peningkatan ketertarikan di Indonesia, khususnya sejak pandemi dimulai. Dengan tantangan ini, kami berharap dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dan potensi untuk membantu meningkatkan kesempatan para siswa untuk bekerja nantinya,” kata Ben Burrowes dalam keterangan resminya, Kamis (23/9).

Dia menambahkan, sinergi yang kuat antara ENZ dan Kopi Tuli dalam menyediakan kesempatan yang setara bagi orang-orang dengan disabilitas adalah satu hal yang akan terus ditingkatkan. Sementara UC Business School menurutnya akan dapat memberikan bimbingan mentor dan pengetahuan yang berkualitas kepada peserta.

Baca Juga: UI bantu startup bertemu calon investor lewat program akselerator

Kompetisi akan dimulai secara resmi dengan acara peluncuran via Zoom pada 25 September 2021 pukul 10.00 (WIB), dengan Dr William Shannon, Direktur Internasionalisasi UC Business School, sebagai salah satu pembicara kunci dalam acara peluncuran.

Shannon mengatakan, para pengajar kami di UC Business School akan memberikan bimbingan kepada peserta dalam memberdayakan lebih banyak siswa di Indonesia dengan keterampilan yang dapat memberi mereka peluang lebih besar untuk bekerja setelah lulus.

Para siswa yang ingin ikut serta dapat berbagi ide bisnis mereka mulai 25 September sampai 22 Oktober 2021 dalam format video.  Lima ide bisnis terbaik akan terpilih untuk melaju ke babak final. Nama-nama para finalis akan diumumkan melalui surel dan akun Instagram KIWI Challenge juga akun Instagram Kopi Tuli.

Dalam babak final pada 20 November 2021, tiga pemenang akan dipilih. Hadiah termasuk voucer senilai hingga Rp 25 juta dan magang virtual di UC Business School untuk juara pertama.

Magang virtual akan mengikutsertakan pemenang dalam penelitian pasar dan pengembangan rencana pemasaran untuk mempromosikan UC Business School sebagai tujuan belajar bagi siswa SMA di Indonesa. Pemagangan dengan Tim Internasionalisasi UC Business School dapat diambil pada waktu yang disepakati bersama oleh tim pemenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×