kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.915.000   44.000   2,35%
  • USD/IDR 16.400   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.142   47,86   0,67%
  • KOMPAS100 1.041   10,44   1,01%
  • LQ45 812   9,62   1,20%
  • ISSI 224   0,88   0,39%
  • IDX30 424   4,46   1,06%
  • IDXHIDIV20 504   1,88   0,37%
  • IDX80 117   1,34   1,15%
  • IDXV30 119   0,16   0,14%
  • IDXQ30 139   1,43   1,04%

Evaluasi belum kelar, ekspor Freeport tetap jalan


Jumat, 25 Agustus 2017 / 18:11 WIB
Evaluasi belum kelar, ekspor Freeport tetap jalan


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Kegiatan ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) tidak disetop dan dinyatakan tetap berjalan meskipun hasil evaluasi dari tim verifikator independent belum diajukan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebenarnya Freeport Indonesia diberikan waktu ekspor konsentrat selama satu tahun dari rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian ESDM dimulai tanggal 17 Februari 2017 sampai 17 Februari 2018.

Tapi, pemerintah memberikan syarat, apabila kegiatan ekspor tetap berjalan, maka harus ada rekomendasi dari tim verifiktor independen pada enam bulan perjalanan ekspor. Jadi, jika merujuk pada hal itu, seharusnya ekspor konsentrat tembaga Freeport sudah disetop.

”Freeport sudah menunjuk dua verifikator independen, yaitu PT Rekayasa Industri (Rekind) dan PT Sucofindo). Selama evaluasi, ekspor masih tetap berjalan,” terangnya di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (25/8).

Bambang juga menyebutkan, bahwa Freport meminta waktu satu minggu dari Jumat pekan lalu, artinya, penyerahan evaluasi pembangunan smelter seharusnya sudah diajukan pada hari ini.

Asal tahu saja, untuk mendapatkan kegiatan ekspor, evaluasi pembangunan smelter oleh tim verifikator independent harus sudah mencapai 90% dari rencana kerja pembangunan smelter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×