kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fajar Surya Wisesa (FASW) Bakal Perluas Jangkauan Pasar ke Area Jateng dan Jatim


Senin, 12 Desember 2022 / 15:39 WIB
Fajar Surya Wisesa (FASW) Bakal Perluas Jangkauan Pasar ke Area Jateng dan Jatim
ILUSTRASI. Pabrik kertas PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW).


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen kertas kemasan industri, PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) berencana memperluas jangkauan pasar ke area Jawa Tengah dan Jawa Timur di tahun depan. Agenda ekspansinya ini dilakukan oleh anak perusahaan, PT Dayasa Aria Prima atau DayasaPaper yang berlokasi di Surabaya.

Sekretaris Perusahaan Fajar Surya Wisesa Marco Hardy memaparkan, salah satu rencana kerja FASW di tahun depan adalah me-refurbished satu paper machine DayasaPaper berkapasitas 30.000 ton/tahun. Aksi ini sejalan dengan fokus perseroan yang akan mengembangkan pasar ke area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Untuk tahun depan kami akan fokus pada anak usaha di Surabaya, tidak ada rencana ekspansi yang cukup besar, kami ada rencana me-refurbished paper machine keempat di DayasaPaper dengan kapasitas 30.000 ton per tahun," papar Marco, dalam Paparan Publik Virtual, Senin (12/12).

Untuk memantapkan agenda ekspansinya itu, FASW menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sekitar US$ 15 juta tahun depan.

Marco memerinci, dana capex sebesar US$ 4 juta digunakan sebagai modal untuk refurbished machine dan maintenance capex DayasaPaper. Sedangkan US$ 11 juta sisanya untuk maintenance capex fasilitas produksi FajarPaper di Cikarang, Jawa Barat.

Baca Juga: Fajar Surya Wisesa (FASW) Proyeksikan Penjualan Rp 11 Triliun Sampai Akhir Tahun

Meski tak menyebut secara detail berapa target penjualan maupun laba di 2023, pihaknya seraya optimistis kinerja bisnis perseroan akan lebih baik dari realisasi tahun ini.

"Melihat perkembangan saat ini dan kondisi yang dicapai FASW di 2022, kami melihat prospek ke depan akan sama. Kami juga berharap akan recovery lebih kuat, dan semua faktor yang mempengaruhi kondisi kuruang menguntungkan di 2022 akan lebih baik dari semua sisi," tutur Marco.

Marco juga sedikit menyinggung menyoal rencana pengembangan ekspor untuk tahun depan. Dia bilang, meskipun masih tetap fokus pada negara tujuan ekspor eksisting, FASW akan berupaya menjajaki sejumlah negara baru ke depannya.

Beberapa negara yang jadi tujuan ekspor perseroan antara lain, China, Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan.

 

Untuk diketahui, kontribusi pasar ekspor terhadap total penjualan FASW mencapai 21% per September 2022. "Untuk tahun depan porsi ekspor kurang lebih sama sekitar 20%-25% dari total penjualan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×