kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.886.000   2.000   0,11%
  • USD/IDR 16.614   22,00   0,13%
  • IDX 6.948   115,61   1,69%
  • KOMPAS100 1.006   18,58   1,88%
  • LQ45 780   15,05   1,97%
  • ISSI 221   2,39   1,10%
  • IDX30 405   7,65   1,93%
  • IDXHIDIV20 477   9,48   2,03%
  • IDX80 113   1,82   1,63%
  • IDXV30 116   1,59   1,39%
  • IDXQ30 132   2,92   2,26%

Faktor LFL Carrefour Indonesia Negatif 3,3%


Senin, 10 Mei 2010 / 09:56 WIB
Faktor LFL Carrefour Indonesia Negatif 3,3%


Reporter: Nadia Citra Surya |

JAKARTA. Data Growth Market yang dirilis Carrefour Global menunjukkan bahwa like-for-like (LFL=pertumbuhan penjualan tanpa menghitung penambahan gerai) Carrefour Indonesia kuartal I 2010 ini negatif 3,3%.

Soalnya penjualan kuartal I 2010 sebesar 237 juta Euro dikumpulkan Carrefour dengan total 79 gerai yang beroperasi. Sementara, penjualan pada kuartal yang sama 2009 yang mencapai 225 juta Euro terkumpul dari 70 gerai saja.

Ketua Harian Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan negatifnya LfL Carrefour menurutnya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Ia justru melihat langkah Carrefour membuka sejumlah gerai di pasar atau kota yang belum ada peritel besar bermain merupakan strategi bisnis jangka panjang. "Carrefour sengaja melakukan penetrasi pasar, mendahului yang lain," kata Tutum.

Karena itu, meski sejumlah gerai Carrefour di daerah belum menunjukkan kinerja yang perkasa, namun Tutum yakin hal tersebut merupakan investasi jangka panjang yang sengaja dipersiapkan oleh Carrefour Indonesia untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×