kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Forum MICE internasional resmi berlangsung 25 Februari 2020


Rabu, 19 Februari 2020 / 19:17 WIB
Forum MICE internasional resmi berlangsung 25 Februari 2020
Ketua ICCA Indonesia, Raty Ning (kanan) saat jumpa pers Forum ICCA Indonesia

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mendorong kinerja industri Meeting, Incentive, Conventions, Exhebitions (MICE) dalam negeri, komite International Congress and Convention Association/ICCA, akan menyelenggarakan ajang MICE berskala internasional pada 25 Februari di JIExpo Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

ICCA Indonesia Forum sendiri merupakan pertemuan para pelaku industri MICE dan pendukungnya, sebagai ajang untuk knowledge sharing, update tren MICE global oleh pembicara internasional. Acara ini direncanakan, bakal menghadirkan 200 peserta dari industri MICE, seperti asosiasi, direktur, akademisi, hingga media.

Baca Juga: Sektor pariwisata lesu, pemerintah bakal keluarkan stimulus

"Harapannya acara ini dapat memberikan masukan positif kepada pemerintah agar mendukung promosi Indonesia sebagai destinasi pertemuan asosiasi internasional. Supaya apa, ya bisa bersaing dengan MICE global," ujar Metua ICCA Indonesia, Raty Ning saat konferensi pers di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

Tak hanya itu, ajang ini diharapkan juga bisa memperluas networking dan kemampuan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan event MICE di Indonesia.

Berdasarkan data yang dibuka oleh ICCA Indonesia, pada 2018 Indonesia masih menduduki posisi ke36 dalam peringkat destinasi pertemuan internasional dengan total 122 pertemuan tingkat regional dan dunia. 

"Indonesia masih berada di bawah Thailand, Singapura, dan Malaysia. Tapi dari sini banyak peluang melalui bidding internasional," lanjut Raty.

Baca Juga: Pariwisata Bali merugi hingga Rp 1 triliun akibat virus corona

Lebih lanjut, dalam peringkat di kawasan Asia Pasifik, Indonesia menduduki peringkat ke 11sebagai destinasi pertemuan internasional. "Bali, sebagai tujuan kedatangan pertemuan internasional, menduduki porsi 70% pariwisata dan 30% MICE. Porsi tersebut bisa ditingkatkan lagi untuk MICE," kata Raty.

Indonesia sendiri sebelumnya menjadi destinasi penyelenggaraan beragam pertemuan skala besar, seperti UN Climate Change Conference, dan IMF World Bank Group Annual Meeting.

ICCA Indonesia Forum 2020 nantinya akan menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, serta pembicara ahli dari kawasan Asia Pasifik, seperti Jason Yeh, CEO GIS Group, Tejendar Singh, Client Partner Facebook, Gunawan Susanto, Country General Manager Amazon Web Service (AWS) Indonesia, hingga Aman B Pulungan dari President of Indonesian Pediatric Society.





Close [X]
×