kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,24   4,64   0.52%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Frisian Flag Indonesia Resmikan Pabrik Baru di Cikarang


Selasa, 02 Juli 2024 / 14:25 WIB
Frisian Flag Indonesia Resmikan Pabrik Baru di Cikarang
Peresmian pabrik baru Frisian Flag Indonesia di Cikarang.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - CIKARANG. PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) hari ini meresmikan pabrik susu terbarunya di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik yang menempati luas lahan 25,4 hektar ini ditargetkan bakal memproduksi susu segar 400.000 kg per hari atau 700 juta kg setiap tahun. 

Andrew F. Saputro Corporate Affairs Director FFI menjabarkan pabrik ini bahkan memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahunnya. 

“Adapun secara investasi, pabrik baru ini menelan investasi sebesar 257 juta Euro atau sekitar Rp3,8 triliun. Ini merupakan investasi terbesar perusahaan induk FrieslandCampina di seluruh dunia,” jelasnya di Cikarang, Selasa (2/7).

Dia melanjutkan diresmikannya pabrik susu baru Frisian Flag di Cikarang ini, memang merupakan wujud komitmen FrieslandCampina dalam berinvestasi di Indonesia. 

Jan Derck van Karnebeek, CEO Royal FrieslandCampina N.V. mengatakan pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang menggarisbawahi dedikasi pihaknya untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia. 

Baca Juga: Proyek Pembinaan Peternak Sapi Perah Berlanjut Secara Nasional

“Sebagai investasi produksi global terbesar kami hingga saat ini, fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara. Pabrik ini merupakan perwujudan dari komitmen kami untuk menghadirkan produk susu berkualitas tinggi dan bergizi bagi generasi masa kini dan masa depan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, yang didukung oleh teknologi modern yang seimbang dengan kelestarian lingkungan,” paparnya.

Ia menambahkan, Frisian Flag Indonesia sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap produk susu yang terjangkau dan bergizi, serta mendorong kesejahteraan di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Sementara itu, dalam sambutannya yang diwakili oleh Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya atas kesungguhan perusahaan global seperti FrieslandCampina yang berkomitmen untuk memperluas investasi di Indonesia. 

Menurut dia, inestasi tersebut juga telah mendorong cita-cita bangsa Indonesia untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi, memajukan kesejahteraan rakyat, dan memperkuat kemandirian bangsa. 

“Harapannya pembukaan pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang ini dapat meningkatkan kepercayaan investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia, “ ujarnya. 

Asal tahu saja, pabrik susu di Cikarang ini turut menandai ekspansi terbaru Frisian Flag setelah sebelumnya memiliki fasilitas di Pasar Rebo (beroperasi sejak tahun 1971) dan Ciracas (didirikan pada tahun 1977). 

Fasilitas pabrik baru yang canggih ini dilengkapi dengan peralatan untuk memproduksi dan memproses berbagai macam produk susu, termasuk susu kental manis dan minuman siap saji. 

Selain dampak ekonomi, fasilitas baru ini juga sejalan dengan tujuan nasional yaitu pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, peningkatan swasembada, dan kesehatan masyarakat yang lebih baik, yang memperkuat komitmen Frisian Flag Indonesia untuk mendukung kemajuan Indonesia.

Fasilitas baru di pabrik Cikarang ini akan meningkatkan kemampuan FFI dalam menyerap pasokan susu segar domestik dari lebih dari 30.000 peternak sapi perah rakyat di seluruh Pulau Jawa.

Baca Juga: Sambut Hari Lingkingan Hidup Sedunia, SIG Kembali Gandeng Frisian Flag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×