kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng GoPay dan Dana, Samsung Pay resmi diluncurkan


Jumat, 11 Oktober 2019 / 07:14 WIB
Gandeng GoPay dan Dana, Samsung Pay resmi diluncurkan
ILUSTRASI. Dari kiri ke kanan: Vincent Iswara, Chief Executive Officer Dana, Bernard Ang, IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronic Indonesia, Imam Akbar Hadikusumo, VP Business Development GoPay, meluncurkan aplikasi Samsung Pay di Jakarta, Kamis (10/1


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Setelah diperkenalkan awal tahun ini di Tanah Air, Samsung Indonesia akhirnya resmi merilis aplikasi Samsung Pay lewat sebuah acara yang digelar di Jakarta, Kamis (10/10).

Di Indonesia, untuk bisa dimanfaatkan dalam bertransaksi, Samsung Pay mengandalkan platform e-wallet Dana dan GoPay dan memanfaatkan sistem pembayaran via pemindaian kode QR.

Baca Juga: 40 juta pengguna Samsung Galaxy S dan Note terancam manipulasi IMEI

Dengan demikian, alih-alih, berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) mandiri yang bisa diisi saldonya, Samsung Pay berperan sebagai penghubung bagi para pengguna smartphone Samsung untuk melakukan pembayaran via GoPay atau Dana.

"Indonesia adalah negara pertama di dunia yang meluncurkan Samsung Pay dengan platform berbasis QR," klaim IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronic Indonesia, Bernard Ang, di acara peluncuran Samsung Pay.

Samsung Pay menawarkan kemudahan pembayaran dengan metode "Swipe & Pay", di mana pengguna ponsel Samsung bisa membayar secara digital hanya dengan melakukan usapan ke atas (swipe up) di layar lock screen, tanpa harus masuk ke aplikasi.

Baca Juga: Wow, penjualan Samsung S10 series diklaim ungguli S9

Setelah itu, pengguna bisa membayar menggunakan saldo Dana dan GoPay yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Samsung Pay dengan cara memindai kode QR yang ada pada layar ponsel.

"Kami ingin menciptakan customer experience yang lebih mudah dan efisien, tidak perlu masuk ke aplikasi (dompet digital)," imbuh Head of IT & Mobile Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, di kesempatan yang sama.

Untuk menunjang keamanan transaksi, Samsung Pay akan meminta otentikasi berupa PIN, pola kunci (pattern), atau sidik jari ketika hendak melakukan pembayaran. Saat ini Samsung Pay baru bisa menggunakan saldo yang tersimpan di akun Dana yang telah terintegrasi dengan Samsung Pay.

Baca Juga: Saat Samsung diuntungkan sekaligus dirugikan atas perang dagang AS-China

GoPay bakal menyusul bisa digunakan pada 2020, tapi jadwal pastinya belum diungkap. Aplikasi Samsung Pay sudah bisa diunduh di toko Google Play Store oleh pemilik perangkat Samsung dengan sistem operasi Android 9.0 Pie atau yang lebih baru.

Beberapa ponsel Samsung keluaran 2019 seperti Galaxy A30s, Galaxy A50s, hingga Galaxy Note 10 Plus, sudah menyertakan Samsung Pay sebagai aplikasi bawaan. (Bill Clinten)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi Hadir di Indonesia, Samsung Pay Gandeng Dana dan GoPay",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×