kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gapki optimistis ekspor minyak kelapa sawit Indonesia tahun ini lampaui tahun lalu


Selasa, 17 September 2019 / 16:49 WIB
Gapki optimistis ekspor minyak kelapa sawit Indonesia tahun ini lampaui tahun lalu
ILUSTRASI.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memperkirakan, ekspor minyak sawit dan turunannya tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan ekspor tahun lalu yang sebesar 34,7 juta ton.

Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono mengatakan pihaknya optimistis kinerja ekspor sawit masih positif melihat kinerja ekspor hingga Juli masih positif.  "Ini [Peningkatan ekspor] bisa dilihat dari [kinerja]Juli yang masih naik," tutur Mukti kepada Kontan.co.id, Selasa (17/9). Namun sayang, Mukti tidak merinci berapa proyeksi ekspor sawit tahun ini. 

Baca Juga: Hingga Juli, ekspor minyak sawit Indonesia tumbuh 6,7%

Lebih lanjut Mukti menjelaskan, peningkatan ekspor tahun ini bisa didorong dari peningkatan ekspor ke China dan India. Dia mengatakan, ekspor ke China meningkat diperkirakan karena adanya perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Sementara, ekspor ke India juga diperkirakan akan meningkat karena penyamaan tarif bea masuk CPO antara Indonesia dan Malaysia. "India tahun lalu bisa ekspor 6,7 juta ton. Sampai Juli sudah 2,5 juta ton hanya CPO belum termasuk biodiesel dan oleokimia. Kita harapkan bisa meningkat lagi dengan penyesuaian bea masuk," jelas Mukti.

Sementara itu, hingga Juli 2019 ekspor minyak kelapa sawit dan turunannya mencapai 19,76 juta ton, tumbuh 6,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 18,51 juta ton.

Mukti menjelaskan, meski terdapat tekanan pada produk minyak sawit Indonesia, tren ekspor ke China, Afrika dan Jepang dan negara lain masih mengalami kenaikan. "Ini menandakan upaya-upaya pemerintah melalui Kemendag untuk peningkatan ekspor memberikan dampak positif," katanya.

Meski dari sisi volume terdapat kenaikan, Mukti memperkirakan dari segi nilai akan ada sedikit penurunan dibandingkan tahun lalu. Harga rata-rata CPO CIF Rotterdam bulan Agustus memang mencapai US$ 541 per metrik ton atau rata-rata bulanan tertinggi sejak Maret 2019.

Meski begitu, harga minyak sawit ini masih menunjukkan tren yang menurun sejak Januari 2017.

Baca Juga: Pemerintah usul beri HGU kepada pengusaha total 90 tahun, GAPKI: Tidak ada perubahan

Tren penurunan harga ini sudah merisaukan produsen. Perang dagang Amerika Serikat dan China menyebabkan stok kedelai di Amerika Serikat meningkat, petani dan pemerintah Amerika diperkirakan akan mencari pasar pengganti China, sementara produsen minyak sawit akan menjual produk ke pasar karena tidak mampu menahan produksi.

Karena itu Gapki menilai, terobosan yang diambil pemerintah AS untuk mengurangi stok kedelai, keberhasilan China untuk menangani masalah flu babi Afrika dan melonjaknya harga daging babi, serta implementasi B20 dan B30 di Indonesia akan mempengaruhi keseimbangan minyak nabati dan akan berpengaruh pada harga minyak sawit ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×