kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gapuspindo desak pemerintah revisi kebijakan impor sapi bakalan 5 : 1


Kamis, 01 November 2018 / 20:01 WIB
Gapuspindo desak pemerintah revisi kebijakan impor sapi bakalan 5 : 1
ILUSTRASI. Sapi impor


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gapuspindo (Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia) menyebutkan, kebijakan pemerintah dengan memberlakukan impor sapi bakalan 5 : 1 menyulitkan pengusaha. Oleh sebab itu, Gapuspindo mendesak pemerintah lakukan revisi kebijakan tersebut.

“Iya kita menyampaikan itu , tapi tergantung pemertintah kelanjutannya,” kata Wakil Ketua Dewan Gapuspindo Didiek Purwanto kepada Kontan.co.id, Kamis (1/11).

Didiek menyebutkan poin penting yang dibahas dengan pemerintah terkait permohonan revisi kebijakan ini adalah kapasitas kandang yang tidak mencukupi dan ke depannya ini akan mengakibatkan akumulasi yang terlalu banyak, sehingga tidak mengimbangi kemampuan pengusaha.

“Ya sebetulnya itu kalau 5 : 1 per impor tidak bisa. Dalam waktu 1,5 tahun kan kandangnya akan penuh dengan sapi betinanya. Nah, seharusnya sapi betina itu dipelihara 3 tahun baru bisa,” ungkap Didiek.

Menurut Didiek, hingga saat ini belum ada kejelasan terkait dengan kebijakan ini. Bahkan kebijakan ini semakin menurunkan jumlah impor sapi bakalan akibat para pengusaha tidak mampu secara finansial. Ditambah lagi pendanaan dari bank yang menilai peternakan sapi ini memiliki risiko yang tinggi.

“Selama ini bank yang memberi pendanaan ini juga wait and see, mereka takut karena usaha ini high risk untuk dibiayai dan tidak seperti pembiayaan perusahaan di sektor lain,” ujarnya.

Didiek menegaskan sejauh ini sudah dilakukan pertemuan dengan pemerintah untuk membicarakan kebijakan 5 : 1 ini. Ia mengimbau agar pemerintah bisa memberikan dukungan untuk pengusaha dalam mengembangkan sapi indukan.

“Sudah sering disampaikan kok di setiap pertemuan diharapkan feedloter swasta ini dapat fasilitas pendanaan dari perbankan, kalau itu tidak dibantu pembiayaannya, swasta enggak mampu,” jelasnya.

Ia juga menyebut bahwa pemerintah berencana melakukan evaluasi aturan 5 : 1 tahun ini. Hal ini perlu dilakukan agar feedloter dapat memplaning rencana impor tahun 2019 karena saat ini banyak feedloter yang sudah tidak beroperasional.

“Kita tidak berani mem-planning impor tahun depan, karena enggak tau kebijakan itu akan diputuskan bagaimana,” tegasnya.

Menurut Achmad, Direktur Utama PT Cadila Lestari kebijakan 5 : 1 tidak berpengaruh pada impor, hal ini karena kapasitas kandang untuk impor bisa untuk 60.000 ekor sapi. Oleh sebab itu, impor tahun 2018 meningkat dibanding 2017. Sayangnya ia tidak memiliki data pasti terkait impor tahun 2017.

“Saya impor untuk Oktober 22.112 ekor untuk sapi bakalan, sedangkan untuk sapi indukan 2.100 an ekor. Target akhir tahun nanti 25.000 ekor untuk sapi bakalan dan sapi indukan kira-kira 3000 an ekor,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×