kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Garap senior living, perusahaan domestik gandeng pemain global


Senin, 19 Agustus 2019 / 18:51 WIB

Garap senior living, perusahaan domestik gandeng pemain global
ILUSTRASI. Citra Premier di Citra Garden City, perawatan lansia di Jakarta Barat

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Beberapa perusahaan properti domestik mulai menggarap bisnis senior living. Tidak hanya menggarap sendiri, perusahaan-perusahaan tersebut juga menggandeng pemain global yang memiliki fokus pada sektor tersebut.

Marling Marpaung, Presiden Direktur Senior Living D'Khayangan yang juga Ketua Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) menyebut hal tersebut lumrah. Pasalnya, perusahaan perlu belajar untuk mengelola bisnis yang melibatkan lansia sebagai segmen market.

Baca Juga: Senior Living juga menyasar kelas menengah bawah

Saat ini sudah banyak pemain global yang tertarik masuk ke pasar Indonesia. Kebanyakan berasal dari Asia Timur mulai dari Jepang, Korea Selatan dan Taiwan, selain itu juga ada Australia. Saat ini beberapa sudah masuk ke BKPM sebagai PMA dan kemungkinan besar baru akan beroperasi tahun depan.

"D'Khayangan contohnya merupakan ini joint venture antara perusahaan Jepang dengan Jababeka. Itu kami gandeng Longlife Holding Jepang yang sudah puluhan tahun berpengalaman dan sudah go public disana," ujarnya kepada KONTAN, Senin (19/8).

Selain, Senior Living D'khayangan juga ada Citra Premier Senior Club yang merupakan kerjasama antara PT Ciputra Residence dengan Living Weell Seniors Communities. Manajemen Ciputra mengaku perlu mitra berpengalaman untuk menggarap bisnis tersebut.

Baca Juga: ASLI: Kebutuhan rumah untuk lansia tahun ini 14 juta

"Ini senior club pertama dan kami lagi belajar tentang habbit lansia dan preferensinya dimana. Pengembangan terakhir ujungnya kami mau konsep independen building," ujar Jonathan Budiman, Corporate Development Officer Ciputra Group.

Nantinya bila dari sisi pengelolaan dan fasilitas sudah sudah matang, manajemen berniat untuk membangun fasilitas khusus lansia yang lebih besar baik berupa landed maupun high rise. Yang jelas nantinya dari sisi environement, pelayanan, fasilitas dan SDM sudah siap.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan


Close [X]
×