kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi industri 4.0, Fakultas Teknik UGM gandeng Honeywell


Selasa, 27 November 2018 / 22:14 WIB
Hadapi industri 4.0, Fakultas Teknik UGM gandeng Honeywell
ILUSTRASI. Industrial Internet of Think atau IIoT dari Honeywell


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Industri 4.0 mengubah tatanan industri yang sudah mapan saat ini. Kecerdasan sintetis yang sebetulnya telah berkembang sejak pertengahan abad 20 kini menemukan momentum baru melalui digitalisasi dan terhubungnya industri dengan kehidupan masyarakat secara intens melalui jaringan internet.

Data dan informasi dari berbagai sumber dan dalam berbagai bentuk yang dikenal sebagai big-data dengan sistem analitika cerdas telah menjadi komoditas baru. Hal yang sama terjadi dalam bidang industri yang semakin terhubung secara global.

Dekan Fakultas Teknik UGM Nizam meyakini kemitraan dengan industri, pemerintah, dan masyarakat merupakan kunci penting dalam menyongsong revolusi industri baru tersebut. "FT UGM mendorong para dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan mutu dan relevansi penelitiannya, tidak saja untuk publikasi ilmiah, tetapi juga menjawab tantangan nyata di dunia industri dan masyarakat,” kata Dekan FT UGM, Nizam pada Selasa (27/11).

Berbagai karya telah didaftarkan paten. Beberapa sudah siap untuk dikerjasamakan dengan industri agar dapat memberi manfaat bagi perkembangan dan kemajuan industri.

Untuk memberikan gambaran tentang berbagai teknologi yang sudah dikembangkan, kali ini FT UGM memamerkan sebagian karya-karya dosen dan mahasiswa. Pameran ini diselenggarakan dalam rangkaian dies Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke 73 dan peresmian laboratorium Honeywell-UGM Connected Laboratory.

Laboratorium tersebut merupakan bagian dari beberapa laboratorium dan kelompok riset yang berkembang di FT UGM yang berkaitan dengan pengembangan industri 4.0.

Ketua Departemen Teknik Elektro dan Teknik Indormasi Sarjiya menjelaskan laboratorium ini merupakan upaya UGM dengan Honeywell untuk mengusulkan definisi operasional dari visi industri versi 4.0 tersebut. "Usulan ini dicanangkan seawal mungkin dari fase pertumbuhan industri 4.0 sehingga dapat menjadi pioneer yang akan diikuti dan ditiru oleh generasi berikut,” jelasnya.

Selain lab Honeywell-UGM, FT UGM juga mengembangikan beberapa riset grup dan laboratorium seperti: lab kecerdasan buatan IA-Cubic, robotika, otomasi, kendaraan listrik, internet of things, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×