kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hangat laba panen perdana petani jahe merah binaan YDBA


Sabtu, 23 Oktober 2021 / 08:30 WIB
Hangat laba panen perdana petani jahe merah binaan YDBA


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BANTEN. Hampir setahun program pembinaan petani jahe merah yang dilakukan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) di Desa Hariang, Lebak, Banten berjalan. Project yang menargetkan petani binaan menjadi mandiri dan naik kelas kini telah memasuki masa panen.

Dani Kurnia, Koordinator Project YDBA di Lebak mengatakan, program pembinaan sentra jahe merah YDBA melibatkan 30 petani di Desa Hariang. Untuk panen perdana kali ini Dani memperkirakan ada 16 ton jahe merah hasil budidaya petani Baduy dan non Baduy.

"Proyeksi panen tahun ini 16 ton dari 30 petani untuk dikirim ke PT Bintang Toedjoe. Kita mulai panen dari tanggal 20-26 Oktober dan tanggal 27 Oktober ini kita kirim," kata Dani kepada Kontan.co.id, Kamis (21/10).

Secara keseluruhan terdapat 85 hektare potensi lahan jahe merah di Desa Hariang. Untuk tahap pertama pembinaan baru difokuskan pada 2,5 hektare lahan dari 30 petani jahe merah.

Baca Juga: Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat teh daun salam untuk kesehatan

Dani menceritakan permasalahan utama dari petani jahe merah di Desa Hariang ialah pemasaran. Oleh karenanya banyak petani yang belum maksimal membudidayakan jahe merah.  

Melalui kerja sama YDBA bersama PT Bintang Toedjoe, nantinya hasil budidaya petani binaan akan diserap oleh PT Bintang Toedjoe sesuai standar quality, cost and delivery (QCD) yang diterapkan .

Selain menyerap hasil budidaya, PT Bintang Toedjoe juga memberikan pelatihan teknis mengenai budidaya jahe merah. Sedangkan, YDBA memastikan petani tersebut menghasilkan produk yang sesuai QCD dengan melakukan pembinaan secara manajerial dan memonitoring kegiatan petani secara rutin.

Pembinaan yang telah dilakukan sampai saat ini adalah pelatihan mentalitas dasar, pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana, pelatihan teknis budidaya jahe merah, dan pelatihan penanaman jahe merah.

Adapun untuk harga yang diberikan PT Bintang Toedjoe untuk jahe merah budidaya petani Desa Hariang Dani tak dapatkan menyebut secara rinci, namun dipastikan dapat bersaing dengan harga di pasaran




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×