kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga beras dikhawatirkan melonjak di akhir tahun


Minggu, 09 September 2018 / 23:05 WIB
Harga beras dikhawatirkan melonjak di akhir tahun
ILUSTRASI. Kebijakan Impor Beras


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pengusaha mengkhawatirkan harga beras akan bergejolak  menjelang tutup tahun 2018 dan awal tahun 2019. Pasalnya, produksi beras saat ini semakin berkurang. Bahkan harga gabah di sejumlah sentra produksi di Jawa sudah berada di kisaran Rp 5.000 - Rp 5.500 per kilogram (kg).

Kenaikan harga gabah yang signifikan tersebut terjadi karena industri penggilingan beras berebut stok gabah yang semakin sedikit. Padahal bila dibandingkan pada kondisi normal, Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk Gabah Kering Panen (GKP) sebesar Rp 3,700 per kg. Sementara harga GKP di pasaran saat normal sekitar p 4.000 per kg.

Chief Marketing Officer (CMO) PT Mercu Buana Rice Mills, Bisma Putra mengatakan saat ini, di Jawa Barat harga GKP sudah di atas Rp 5.000 per kg. Karena itu, ia bilang perlu ada koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan di sektor perbesaran seperti Perum Bulog untuk bersama-sama menjaga stok dan harga beras.

"Yang perlu kita khawatirkan itu sekarang stok mulai akhir Oktober, November dan Desember, hingga awal tahun 2019 yakni di Januari dan Februari, supaya harga tidak bergejolak, karena produksi sekarang sudah berkurang,"ujarnya akhir pekan lalu.

Bisma yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Pedagang dan Penggilingan Padi (Perpadi) Jawa Barat ini mengatakan saat ini sejumlah pabrik penggilingan beras skala menegah dan kecil sudah  mengurangi kapasitas giling mereka hingga 50% dari kapasitas yang ada. "Itu terjadi karena biaya yang dikeluarkan lebih mahal dari harga penjualan beras,"ucapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perpadi DKI Jakarta Nelly Soekidi menambahkan, pemerintah harus benar-benar menyiakanp stok beras mengantisipasi potensi kenaikan harga di akhir tahun 2018 dan di awal tahun 2019.  Yakni di bulan November, Desember 2018 dan Januari serta Februari 2019."Jauh lebih baik bila kita sudah punya rencana yang baik menghadapi empat bulan yang mengkhawtirkan itu, supaya siap menghadapi gejolak harga,"ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang, Zulkifli Rasyid. Ia bilang, saat ini stok beras memang belum mengkhawatirkan. Pasalnya, Bulog memiliki stok yang cukup, baik itu dari pengadaan domestik maupun impor. Tapi untuk menyambut akhir tahun dan awal tahun, semua pihak harus siap karena dikhawatirkan produksi beras terus berkurang.

"Di sini Bulog harus benar-benar dapat memanfaatkan stok yang ada untuk mengantisipasi kenaikan harga,"ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×