kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hidrogen Hijau, Bahan Bakar Mengejar Target Emisi


Jumat, 29 Desember 2023 / 06:44 WIB
Hidrogen Hijau, Bahan Bakar Mengejar Target Emisi


Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. "Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui" pepatah ini mungkin tepat menggambarkan ambisi pemerintah melalui pemanfaatan hidrogen.

Setidaknya, ada tiga target yang hendak disasar Pemerintah Indonesia lewat pemanfaatan hidrogen. Antara lain, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Kemudian mencapai target dekarbonisasi dengan mengembangkan pasar hidrogen dalam negeri, serta mengekspor hidrogen dan turunannya ke pasar global untuk mencapai tujuan dekarbonisasi.

Ambisi pemerintah mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 pun kian tercermin dari berbagai upaya pemanfaatan sumber energi hijau di Indonesia.

Terbaru, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melirik potensi pemanfaatan hidrogen khususnya hidrogen hijau (green hydrogen).

Baca Juga: PLN Indonesia Power Borong 13 Penghargaan Proper Emas KLHK

Niatan ini turut disuarakan Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam Gelaran COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab pada awal Desember lalu.

Hidrogen hijau dinilai dapat menjadi "bahan bakar" untuk mengejar target netralitas karbon pada 2060. Ini tercermin lewat peta jalan Strategi Hidrogen Nasional yang telah diterbitkan pemerintah.

"Indonesia berharap hidrogen dapat memainkan peranan penting dalam transisi energi dan memberikan kontribusi signifikan terhadap peta jalan menuju netralitas karbon pada tahun 2060," kata Arifin pada Fast and Fair Renewables and Green Hydrogen Reception di Gelaran COP 28, Senin (4/12).

Upaya mengeruk manfaat hidrogen hijau ditopang oleh ketersediaan energi terbarukan yang melimpah di Indonesia, mencapai 3.686 gigawatt (GW).

Hidrogen hijau yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan dapat mengisi kebutuhan berbagai sektor mulai dari kelistrikan, transportasi, industri, kilang hingga gas kota.

Baca Juga: Ekspor Listrik Hijau dan Hidrogen Bisa Jadi Sumber Devisa

Sebagai pijakan awal, pemerintah bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memulai proyek percontohannya.

"PLN telah mengembangkan 21 lokasi produksi hidrogen hijau sebagai proyek percontohan," tegas Arifin.

Dukungan untuk mempercepat transisi energi disuarakan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

"Hidrogen hijau merupakan salah satu jawaban untuk transisi energi. Karenanya, pengembangan hidrogen hijau menjadi fokus kami dalam upaya mengakselerasi transisi energi," kata Darmawan.

Dalam Strategi Hidrogen Nasional, pemerintah menargetkan pemanfaatan hidrogen hijau untuk sektor transportasi dapat dimulai pada 2031 mendatang.

Dalam satu windu mendatang, PLN pun mulai tancap gas menggarap ekosistem kendaraan listrik berbasis hidrogen hijau.

Baca Juga: Celios Prediksi Investasi Green Economy akan Booming di 2024




TERBARU

[X]
×