Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), selaku agen pemegang merek mobil Hino berhasil menguasai pasar truk medium 55,3%. Penguasaan pasar ini didukung kehadiran truk andalannya, yakni Hino Ranger.
"Kami terus memimpin pangsa pasar kendaraan niaga truk medium kategori 3 sejak 13 tahun berturut-turut," ujar Toshiro Mizutani, Presiden Direktur PT HMSI dalam jumpa pers ulang tahun ke-30 Hino Indonesia, di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (17/12).
Handoyo Tanurahardja, Kepala Divisi Logistik PT HMSI bilang, penjualan Hino Ranger dari Januari sampai November 2012 tercatat sebanyak 17.812 unit. Angka ini naik 17% dari realisasi penjualan di sepanjang tahun 2011 sebanyak 15.289 unit.
"Kami menargetkan sampai tutup tahun terjual sebanyak 19.400 unit, atau naik 27% dibanding tahun lalu," jelas Handoyo.
Ia menjelaskan, untuk truk ringan kategori 2, yakni Hino Dutro hanya mampu meraih pangsa pasar 13,4%. Dari Januari sampai November 2012, Hino Dutro terjual sebanyak 13.022 unit.
Angka ini naik 30% dari penjualan tahun 2011 dengan total penjualan 10.169 unit. "Ditargetkan sampai tutup tahun 2012 terjual 14.200 unit, jadi penjualannya naik 40% dibanding tahun lalu," jelas Handoyo.
Sebagai informasi, saat ini Hino Dutro memiliki 32 varian, Hino Ranger memiliki 18 varian, kemudian Hino Bus memiliki 4 varian, dan 1 varian Hino truk berat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News