Reporter: Edy Can, Reuters | Editor: Edy Can
JAKARTA. Honda Motor Co. ingin menjadi raja sepeda motor di Indonesia. Produsen sepeda motor ini bertekad meningkatkan pangsa pasarnya dari 46% menjadi 60% dalam sepuluh tahun mendatang.
Hingga Juli lalu, Honda telah menjual sebanyak 4,3 juta kendaraan roda dua. Angka ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 3,5 juta.
Indonesia sendiri merupakan pasar kendaraan roda dua terbesar ketiga di dunia. Penjualan sepeda motor selama lima tahun terakhir telah naik sekitar 40% menjadi 7,355 juta pada 2010 lalu.
Dari angka penjualan tahun lalu itu, Honda hanya menjual 3,461 juta. Pangsa pasarnya hanya 1,2% lebih besar dari rival terdekatnya, Yamaha.
"Kami harap permintaan terus meningkat dan mencapai 10 juta dalam sepuluh tahun mendatang," kata Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Yusuke Hori.
Tahun ini, Honda menargetkan bisa menguasai 53% pangsa pasar atau setidaknya menjual 4,3 juta unit sepeda motor. Honda memperkirakan tahun ini tingkat penjualan sepeda motor mencapai 8,1 juta unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News