kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,05   -9,21   -0.92%
  • EMAS952.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

INACA dan Kemenparekaf berkolaborasi majukan pariwisata Indonesia


Rabu, 13 Januari 2021 / 21:23 WIB
INACA dan Kemenparekaf berkolaborasi majukan pariwisata Indonesia
ILUSTRASI. Ketua INACA Denon Prawiraatmadja


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transportasi dan pariwisata merupakan dua sektor yang sangat terdampak dari Covid-19 ini. Penurunan jumlah penumpang dan rendahnya perjalanan wisatawan bahkan hampir membuat terpuruk para pengusaha yang bergerak di bidang ini.

Oleh karena itu, Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) siap berkolaborasi untuk kembali memajukan pariwisata di Tanah Air.

Ketua INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, untuk dapat mendatangkan wistawan diperlukan kekompakan dan keterlibatan antar semua komponen yang ada dalam sektor ini. INACA mendefinisikan hal tersebut dengan 4 A yaitu Airlines, Airport, AirNav dan Authority.

Baca Juga: Ditjen Pajak ungkap alasan pemerintah memberikan insentif PPh Badan 100% di KEK

"Di masa-masa sulit seperti ini kami terus mencari terobosan agar tetap bisa survive dan membangun kepercayaan serta keyakinan para calon penumpang untuk tetap mau melakukan perjalanan wisata atau bisnis dengan menggunakan transportasi udara," kata Denon dalam keterangan resminya, Rabu (13/1).

Denon bilang, Komponen dari 4 A tersebut bahu membahu sehingga sedikit demi sedikit berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat. Ia berharap INACA dan Kemenparekaf dapat berkolaborasi terus-menerus untuk memajukan sektor pariwisata di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut INACA beserta anggotanya telah berkeliling-keliling daerah untuk mengampanyekan kalau pesawat merupakan tempat yang paling aman dari virus Covid-19. Hal ini di dalam pesawat menggunakan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menyaring udara dengan efektivitas 99,99%. Sistem ini memastikan udara di dalam pesawat berganti dan difilter setiap 2-3 menit, dan sistem serupa diterapkan di rumah sakit.

Setelah vaksin disuntikan kepada masyarakat tahun ini, lanjut Denon, Pemerintah melalui Kememparekaf dapat berkerjasama dengan INACA seperti memberikan insentif kepada masyarakat yang ingin berwisata menggunakan transportasi udara.

Hal ini dipandang sangat penting agar masyarakat dapat melakukan kegiatan penerbangan untuk berlibur atau berbisnis.

"Quick win INACA dan Kemenparekaf di Tahun ini dalam jangka pendek adalah menempelkan logo Worderful Indonesia di seluruh maskapai anggota INACA. Saya berharap ini sebagai milestone pertama yang bisa kita lakukan bersama untuk mendukung pariwisata nasional kita," katanya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 How To Sell On Marketplace

[X]
×