kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Incar keluarga muda kaya, pasar SUV premium di Indonesia menggeliat


Jumat, 03 Mei 2019 / 19:17 WIB
Incar keluarga muda kaya, pasar SUV premium di Indonesia menggeliat

Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil premium tak hanya diisi oleh kendaraan sedan. Saat ini justru tren Sport Utility Vehicle (SUV) premium jadi idola baru bagi para orang kaya di dunia dan juga di Indonesia.

Selasa lalu (30/4), PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), distributor Jaguar Land Rover di Indonesia, memperkenalkan varian baru Land Rover Discovery dan penyempurnaan dari Land Rover Discovery Sport.


Land Rover Discovery dengan mesin 2,0 liter ini memiliki banderol harga Rp 2,49 miliar (off the road). Tersedia dengan jantung pacu 4-silinder 2,0 liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis 9-speed, Discovery Sport 2019 ini ditawarkan dengan banderol harga Rp 1,69 miliar (off the road).

Jentri Izhar, Brand Director Jaguar dan Land Rover Indonesia, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) mengatakan, Discovery merupakan salah satu model baru yang akan diandalkan untuk penjualan tahun ini.

“Discovery menawarkan efisiensi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang, tanpa mengorbankan kemampuannya sebagai sebuah SUV penjelajah terbaik,” ujar Jentri, Selasa (30/4).

Model baru ini menyasar miliarder muda yakni orang yang berusia di kisaran umur 30-an tahun. Model lamanya dulu menyasar banyak umur 40-an tahun ke atas. “Kami mau mengincar keluarga muda,” tambahnya.

Meski tak menyebut target penjualan, Jentri yakin, mobil asal Inggris ini akan diterima di masyarakat. Apalagi tahun ini WAE akan memboyong Land Rover Range Rover Evoque untuk menambah portofolio produknya.

Sementara itu, merk mobil yang terkenal dengan kendaraan SUV Jeep mulai merangsek kembali di Indonesia. Melalui APM, Hascar Group ditargetkan penjualan akan mencapai 500 unit di tahun ini.

Ari Utama, CEO Hascar Group, menilai potensi pasar otomotif yang besar saat ini adalah di kendaraan penumpang (passenger car). Khusunya untuk jenis kendaraan SUV.

Di dunia, tren kendaraan SUV saat ini memang sedang meningkat, begitu pula di Indonesia, terlihat dari banyak nya varian SUV yang hadir di Indonesia dari brand-brand besar," kata Ari kepada Kontan.co.id baru-baru ini.

Ari menambahkan, merk Jeep merupakan brand legendaris di Indonesia, maka Hascar Group melakukan penanganan yang tepat dalam menempatkan Jeep kepada target pasarnya sebagai produk yang handal dengan ketahanan tinggi di berbagai jenis jalan khususnya di Indonesia. Alhasil, tidak perlu pengembangan khusus brand ini dalam melakukan pemasaran.

Adapun strategi yang dilakukan khususnya untuk Jeep yaitu memilih produk dengan desain yang disukai dan harga yang sesuai dengan pasar di Indonesia. "Selain itu karena brand Jeep juga untuk mobil hobby maka kami juga melakukan pendekatan dengan komunitas-komunitas variant Jeep," tambahnya.

Hascar Group juga memperkenalkan tipe baru Jeep melalui pameran Telkomsel IIMS 2019. Pada pameran otomotif tahunan ini Hascar Group menampilkan All-New Jeep Compass, yaitu sebuah SUV compact yang mencerminkan desain Jeep. Dirancang dan direkayasa di Amerika Serikat, All-New 2018 Jeep Compass adalah kendaraan global yang telah diproduksi di empat benua dan dijual di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain All New Jeep Compass, pengunjung juga dapat melihat variant All New Jeep Wrangler yaitu Rubicon dua pintu dan Sahara.

“Komitmen kami tampil di IIMS 2019 dengan brand Jeep merupakan salah satu strategi menempatkan Jeep sebagai SUV premium di pasar Indonesia,” jelas Ari.




TERBARU

Close [X]
×