kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Incar PLTGU Jawa I, Medco siap beli gas Pertamina


Jumat, 22 Mei 2015 / 19:43 WIB
Incar PLTGU Jawa I, Medco siap beli gas Pertamina
ILUSTRASI. SIM Keliling Jakarta Hari Ini 9/12/2023, Perpanjang SIM Akhir Pekan Tetap Mudah


Reporter: Agustinus Beo Da Costa | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk ikut tender pembangunan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Jawa I dengan kapasitas 2 x 800 MW di Muara Tawar, Bekasi Jawa Barat.

Direktur Utama Medco Energi Internasional Lukman Mahfoedz mengatakan pihaknya ingin berpartisipasi dalam tender pembangunan PLTGU tersebut karena ingin ambil bagian dalam program pemerintah pembangunan pembangkit 35.000 MW hingga tahun 2019.

"Ini merupakan bentuk komitmen Medco untuk mendukung program pemerintah dalam penyediaan pembangkit listrik,” ujar Lukman Mahfoedz, Jumat (22/5).

Sayangnya, Lukman enggan membuka berapa nilai investasi untuk pembangkit tersebut. "Ini masih tahapan ngebid. Saya ngomong investasi nanti ada kompetitor yang dengar," kilahnya.

Jika menang, dan proses administrasi selesai, Medco berencana langsung membangun pembangkit tersebut sehingga bisa dioperasikan pada tahun 2019.

Untuk kebutuhan PLTGU ini, pada hari yang sama Medco sudah menandatangani head of agreement (HOA) pembelian gas dengan Pertamina yang disaksikan Menteri ESDM Sudirman Said. Pasokan Liquid Natural Gas (LNG) yang diharapkan Medco dari Pertamina adalah sebanyak 250 mmscfd . "Harga gasnya nanti masukan ke PLN, kita harus kompetitif," jelasnya.

Medco berharap agar HOA ini nantinya akan ditingkatkan dengan Gas Sale Agreement dengan Pertamina seperti di proyek gas LNG Donggi Senoro yang akan mulai start up di akhir bulan ini.

Medco berharap dukungan Pertamina sehingga bisa terpilih dalam proses tender PLN. “Nantinya, Medco akan mengembangkan proyek Jawa-1 dengan mitranya," beber dia.

Selain itu, Medco juga membuka pintu selebar-lebarnya kepada Pertamina untuk bersama-sama menggarap proyek PLTGU Jawa -1 ini kelak.

Selama ini Medco, melalui Medco Power, mengoperasikan sekitar 1.600 MW, yang  terdiri dari 300 MW IPP di Batam serta Sumatra Selatan, dan 2 x 660 MW PLTU TJB, milik PLN di Jawa Tengah.

Saat ini, Medco juga mengembangkan dua proyek panas bumi di Sarulla 3 x 110 MW di Sumatra Utara, dan Ijen 2 x 55 MW di Jawa Timur, dan beberapa mini hydro. Dalam tiga tahun ke depan, kapasitas pembangkit listrik Medco akan meningkat menjadi 2.100 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×