kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indocement (INTP) lanjutkan program gerakan hijau


Senin, 07 Juni 2021 / 06:41 WIB
Indocement (INTP) lanjutkan program gerakan hijau
ILUSTRASI. Program Gerakan Hijau Indocement (INTP)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) menggelar penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021. Penanaman dilakukan di Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Dengan kegiatan ini, berarti hingga Juni 2021,  Indocement telah menanam lebih dari 13.000 bibit pohon di tiga kompleks pabrik tersebut mulai dari jenis trembesi, kluwih, teurep, magahoni, kesammbi, asem, sonokeling, Jati, Kedawung, Jamblang, serta mangrove.

Direktur & Sekretaris Perusahaan INTP Antonius Marcos mengatakan, penanama pohon ini merupakan bentuk komitmen Indocement untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan hidup dan menjalankan bisnis yang ramah lingkungan secara berkelanjutan, serta mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga kelestarian lingkungan.

"Terobosan hijau bukan hal asing untuk Indocement. Sebelumnya telah diluncurkan slag cement yang memanfaatkan sisa produksi/limbah dari industri peleburan baja sebagai bahan baku alternatif. Indocement juga mengeluarkan variasi produk semen hijau lain yaitu semen hidraulik yang memiliki klinker rasio lebih rendah sehingga emisi CO2 yang lebih rendah dari semen biasa," kata dia dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (6/6).

Antonius menambahkan, program ini sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penggunaan semen hijau (beton) dalam proyek- proyek infrastruktur dan pemerintah lainnya. 

Baca Juga: Ada rencana pajak karbon, simak tanggapan Indocement Tunggal Prakarsa (INTP)

 

INTP juga siap memproduksi dan memasok produk semen hijau tersebut baik dalam bentuk suplai produk PCC, Duracem-Slag Cement dan juga jenis semen yang terbaru yaitu Semen Hidraulik yang sama tangguhnya dengan semen OPC yang sudah dikenal saat ini.

Selain melakukan penghijauan, INTP telah memfasilitasi warga Desa Lulut dan Leuwikaret agar dapat memanfaatkan air dari Mata Air Cikukulu dengan cara membangun jaringan pipa air ke dua desa tersebut. Sehingga warga di kedua desa tersebut tidak kekurangan air, terutama di musim kering.

Kompleks Pabrik Cirebon sejak Januari tahun 2021 telah menanam sebanyak 3.300 bibit pohon di area buffer zone (kawasan penyangga). 

Kompleks Pabrik Tarjun melakukan penanaman 10.000 bibit pohon dan pembersihan area mangrove di kawasan mangrove jetty Indocement, kawasan ekowisata mangrove di Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir dan kawasan ekowisata Goa Lowo Desa Tegalrejo. 

Selanjutnya: Simak rekomendasi saham Indocemet (INTP) usai catatkan pertumbuhan volume penjualan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×