Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. PT Indomarco Prismatama optimis bisa mencapai angka penjualan Rp 60 triliun tahun ini. Tahun lalu saja, perusahaan ritel nasional melalui gerai Indomaret ini berhasil memperoleh penjualan Rp 49 triliun.
Direktur pemasaran Indomarco Wiwiek Yusuf mengatakan realisasi penjualan tahun lalu, didominasi oleh penjualan produk makanan 60%, sementara sisanya produk non food, general merchandise dan produk-produk segar.
Hingga saat ini Indomarco telah memiliki 12.400 gerai Indomaret di lokasi-lokasi strategi di Indonesia.
"Tahun ini kami menargetkan bisa menambah 1.500 - 1.600 gerai lagi," ujar Wiwiek kepada KONTAN pada Kamis (25/2) lalu.
Meski gerai Indomaret belum tersebar di seluruh provinsi, Wiwiek mengatakan proses penambahan gerai tersebut dilakukan bertahap. Hingga saat ini, daerah yang belum tersasar adalah Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Irian Jaya.
"Akhir tahun ini kami berharap bisa masuk ke Maluku dan NTT," kata Wiwiek.
Selain itu, Indomarco juga menargetkan gerai waralaba untuk tahun ini bisa tumbuh menjadi 35%, yang sebelumnya hanya di kisaran 33%.
Asal tahu, untuk membuka satu gerai baru diperlukan dana Rp 500 juta.
Sementara di tengah geliatnya dunia e-commerce, Indomarco pun melakukan inovasi terbaru melalui klikindomaret.com. Sebuah layanan toko online yang menjual beragam keperluan sehari-hari.
Meski prosentase penjualan dari klikindomaret ini masih kecil, Wiwiek mengatakan akan ditingkatkan lagi penggunaannya agar pelanggan makin sering berbelanja online.
"Toko online itu kan toko masa depan, makanya kami ingin terus mengembangkan itu," terangnya.
Sinergi antara toko offline dan online adalah, pelanggan yang biasa berbelanja langsung ke gerai Indomaret, mereka akan disosialisasi untuk mulai mencoba klikindomaret, begitu pun sebaliknya.
Jika belanja di klikindomaret dengan pembelian minimal Rp 100.000, pelanggan akan dibebaskan dari ongkos kirim. Lalu layanan pengantaran barang tersedia di Jabodetabek, dan mulai di beberapa kota besar seperti Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.
Sementara untuk fasilitas pendukung dari Indomaret seperti membeli tiket kereta api, membayar listrik, dan membayar iuran BPJS cukup menarik pelanggan karena sangat memudahkan.
Wiwiek mengklaim, hingga saat ini Indomaret telah bekerjasama dengan 175 biller untuk mendukung fasilitas tersebut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News