kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingat, terbang bersama Garuda harus memenuhi persyaratan khusus


Jumat, 08 Mei 2020 / 05:49 WIB
Ingat, terbang bersama Garuda harus memenuhi persyaratan khusus
ILUSTRASI. Pramugari menyambut kedatangan pesawat terbaru B737-800NG seri 123 di Hanggar GMF Cengkareng Tangerang, Kamis (20/10). PT Garuda Indonesia menerima pesawat terbaru yang ke 48 dan manargetkan penambahan pesawat yang saat ini berjumlah 89 pesawat menjadi 15


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan mengizinkan angkutan publik beroperasi kembali. Termasuk diantaranya adalah maskapai penerbangan yang boleh melayani penumpang dari dan ke daerah zona merah COVID-19 mulai Kamis (7/5).

PT Garuda Indonesia (Tbk) pun sudah melayani penjualan tiket bagi calon penumpang sejak kemarin. Namun ingat ya, tidak semua penumpang bisa dengan mudah naik turun pesawat Garuda.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan ada persyaratan khusus bagi penumpang. Penumpang yang ingin terbang harus menyertakan surat keterangan sehat dari rumah sakit.

Baca Juga: Garuda Indonesia layani penerbangan lagi mulai hari ini

"Garuda Indonesia menerapkan prosedur penerimaan dan screening penumpang yang sangat ketat untuk layanan penerbangan yang dioperasikan, antara lain melalui pemberlakuan ketentuan penyertaan surat keterangan sehat dan negatif covid-19 dari Rumah Sakit," ujar Irfan dalam keterangan resmi, Kamis (07/5).

Bagi penumpang dengan tujuan perjalanan dinas harus dibuktikan dengan menunjukkan Kartu Identitas Kantor dan surat tugas dari kantor. Selain itu, penumpang juga harus menyertakan surat pernyataan tidak mudik atau surat keterangan tertulis alasan melakukan perjalanan. "Selain itu, penumpang wajib memenuhi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan seusai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku," ucap Irfan.

Menurut Irfan, pengoperasian pesawat ini juga nantinya akan mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, penumpang yang diangkut juga terbatas dan harus sesuai dengan kriteria masyarakat yang dapat mengakses layanan transportasi pada masa pandemi Covid-19.

Sebagai salah satu contohnya penumpang yang diperbolehkan adalah masyarakat yang memiliki keperluan tugas kedinasan, kepentingan umum, kesehatan dan medis.

Baca Juga: Moda transportasi mulai beroperasi, Kemenhub tegaskan larangan mudik tetap berlaku




TERBARU

[X]
×