kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Link Daftar Konversi Motor Listrik Gratis dari ESDM


Kamis, 25 April 2024 / 07:15 WIB
Ini Link Daftar Konversi Motor Listrik Gratis dari ESDM


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengundang pemilik sepeda motor yang berbahan bakar minyak (BBM) untuk melakukan konversi menjadi listrik berbasis baterai secara gratis.

Caranya, pemilik harus melakukan pendaftaran lebih dahulu dan konversi hanya dapat dilakukan di bengkel-bengkel yang sudah tersertifikasi oleh ESDM.

Baca Juga: Industri Motor Listrik Masih Prospektif, Analis Jagokan Saham INDY hingga TOBA

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi menjelaskan, langkah terkait sebagai upaya mengurangi produksi emisi dari kendaraan bermotor.

 “Kementerian ESDM saat ini mengundang semua pemilik kendaraan motor roda dua, itu akses ke websitenya ESDM, nanti kami konversi secara gratis,” ujar , Rabu (24/4/2024).

Adapun situs yang dimaksud Eniya, ialah ebtke.esdm.go.id/konversi. Melalui situs tersebut, pemilik hanya perlu mengisi data diri lengkap saja berserta jenis kendaraannya.

Adapun untuk melakukan konversi motor bensin menjadi listrik, umumnya dikenakan biaya sekitar Rp 15 juta sampai Rp 17 juta. Namun pemerintah RI telah memberikan subsidi senilai Rp 10 juta.

Baca Juga: Perbankan Catat Peningkatan Kredit Kendaraan Bermotor pada Kuartal I-2024

“Sebetulnya, selisih dari bantuan Rp 10 juta itu sisanya ditanggung sendiri. Kita dibantu oleh program CSR juga, sehingga bisa gratis,” kata Eniya.

“Kalau ada perusahaan yang bisa mendukung kami juga, silakan kontak ke ESDM, ke tempat saya,” kata dia lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Eniya juga meyakinkan bahwa energi yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik lebih hemat apabila dibandingkan dengan BBM dalam menempuh jarak yang sama.

"Sekarang sekitar sepertiga hingga seperlima (dari harga BBM),” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×