kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Perhitungan Kendaraan Listrik Lebih Hemat Ketimbang BBM dari PLN


Senin, 27 Februari 2023 / 07:54 WIB
Ini Perhitungan Kendaraan Listrik Lebih Hemat Ketimbang BBM dari PLN
ILUSTRASI. PLN masyarakat untuk beralih dari kendaraan berbasis fosil ke kendaraan listrik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat diajak untuk beralih dari kendaraan berbasis fosil ke kendaraan listrik. Imbauan tersebut dikeluarkan oleh PT PLN (Persero).

PLN berpendapat, hal ini lantaran kendaraan listrik dinilai lebih hemat, di samping pula lebih ramah lingkungan. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sebagai gambaran, mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan mobil listrik dengan jarak sama menghabiskan 1,2 kilowatt hour (kWh). 

Maka dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp 1.699,53 per kWh, hanya diperlukan sekitar Rp 2.500 untuk mobil listrik, namun dibutuhkan sekitar Rp 14.000 untuk mobil BBM dalam menempuh jarak 10 km. 

"Dengan begitu menggunakan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen dari pada menggunakan mobil BBM," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/2/2023). 

Dari sisi lingkungan, dengan menggunakan kendaraan listrik masyarakat sudah turut berkontribusi untuk mengurangi emisi 56 persen. 

Baca Juga: Ada Insentif Kendaraan Listrik, Intip Rekomendasi Saham DRMA, ASII, AUTO, IMAS

Sebagai gambaran, 1 liter BBM setara dengan 1,2 kWh listrik. Maka emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik emisinya setara 1,02 kg CO2e. 

Apalagi, kata dia, listrik yang disediakan untuk mengisi daya kendaraan juga akan semakin bersih, menyusul mulai dibangunnya pembangkit yang berbasis energi baru terbarukan (EBT). 

"Seiring dengan pembangkit PLN yang akan menuju ke EBT, maka ke depan kendaraan listrik emisinya akan nol," ucapnya. 

Darmawan menambahkan, masyarakat juga bisa tetap tampil keren dengan kendaraan yang dimiliki melalui konversi kendaraan BBM ke listrik. 

Ia bilang, program konversi ini sudah disediakan Kementerian ESDM dan PLN. 

Baca Juga: Orang Kaya Tak Bisa Menerima Subsidi Motor Listrik, Ini Informasinya

"Melalui konversi kendaraan listrik pecinta otomotif tetap bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan mengkonversi motor vespa jadul ataupun motor costum kekinian menjadi kendaraan listrik," tutup Darmawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Sebut Kendaraan Listrik Lebih Hemat Ketimbang BBM, Begini Perhitungannya"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×