Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan situs belanja online di Indonesia semakin ketat dimana berbagai platform e-commerce di Indonesia melakukan berbagai cara agar menjadi pilihan utama pengguna.
Situs CupoNation yang merupakan portal diskon online di Indonesia yang beroperasi di 20 negara merilis studi tentang situs belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia di sepanjang tahun 2019.
Baca Juga: Bagaimana nasib puluhan anak-cucu usaha Garuda di bawah komando Dirut baru?
Studi ini mengungkap 10 situs belanja online terpopuler, baik dari platform e-commerce lokal maupun internasional. Di samping itu, CupoNation juga menganalisa sumber pengunjung yang datang dari versi desktop maupun web mobile.
Meski beberapa situs belanja online internasional turut masuk dalam jajaran pasar e-commerce di Indonesia, namun platform e-commerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung website di sepanjang tahun 2019.
Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia yakni dengan total pengunjung mencapai 1,2 miliar yang terbagi dari 863,1 juta pengunjung dari web mobile dan 329,8 juta pengunjung dari desktop.
Baca Juga: Marketplace bertebaran, begini strategi ITC Roxy Mas bertahan
Peringkat kedua dikuasai oleh situs belanja online internasional yaitu Shopee dengan jumlah kunjungan mencapai 837,1 juta mengalahkan Bukalapak dengan 823,5 juta pengunjung.
Di posisi keempat ada Lazada dengan 445,5 ribu pengunjung, diikuti Blibli.com dengan 353,3 ribu pengunjung. Di peringkat kelima ada JD.ID yang dikunjungi oleh 105,4 ribu pengunjung di tahun lalu.
Berikutnya ada Orami dengan 89,8 ribu pengunjung, lalu Bhinneka yang dikunjungi 62,9 ribu pengunjung. Kesembilan ada Sociolla dengan 51,1 ribu pengunjung. Di 2019, Zalora memiliki 44,5 ribu pengunjung yang membuat e-commerce ini berada di posisi kesepuluh.
Baca Juga: Bertabur diskon hingga 80% pada promo Imlek Jakmall.com, seperti apa?
Setelah mengungkap deretan situs belanja online dengan jumlah kunjungan terbanyak di sepanjang tahun 2019 di Indonesia. Hasil studi juga mengungkap bahwa 77.15% dari jumlah pengunjung di tahun 2019 datang dari versi web mobile dan hanya 22.85% datang dari desktop.
Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News