kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,71   -2,33   -0.23%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Ini tarif survey konsumen dari Kompas Gramedia


Selasa, 07 Mei 2013 / 16:05 WIB
Ini tarif survey konsumen dari Kompas Gramedia
ILUSTRASI. Logo Samsung Electronics terlihat di kantor pusatnya di Seoul, Korea Selatan, 4 Juli 2016.


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Kompas Gramedia Group lewat lini bisnis Gramedia Majalah telah menggelar survey karakter konsumen di Indonesia awal tahun 2013 lalu. Survey tersebut dinamakan Indonesia's Hottest Insight (IHI) 2013, dengan 9.000 responden yang dibagi rata dari perempuan, pria dan anak.

Bobby Christoffer, Chief Operating Officer (COO) IHI 2013 menjelaskan, hasil survey itu dapat digunakan pelaku industri untuk memahami konsumen. Intinya, hasil survei dan riset tersebut bisa diakses pihak industri alias dijual.

"Harga hasil survey dan riset dari Rp 30 juta sampai dengan Rp 85 juta," ujar Bobby kepada KONTAN, usai jumpa pers di Senayan City, Selasa (7/5). Tarif Rp 30 juta itu untuk paket 1 segmen saja, sedangkan tarif Rp 75 juta itu paket 3 segmen ditambah 1 sesi konsultasi.

Paket hasil riset dan survey yang ditawarkan itu berisi data audience profile, consumption & shopping habit, information search & share habit, media habit, dan entrepreneurship. Bobby bilang pada IHI 2012, pihaknya mampu menjual hasil survey kepada 20 perusahaan.

Dia juga bilang, penjualan hasil survey itu bukan merupakan tujuan utama dari survey yang dilakukan. "Tujuan utamanya tahu karakter pembaca sekaligus konsumen. Selain itu kami juga menjalin beberapa program dengan klien yang melibatkan konsumen," terang Bobby yang juga menjabat Group Advertising Sales & Marketing Director, Kompas Gramedia Majalah.

Sebagai informasi, survey yang dilakukan Gramedia Majalah itu dilakukan pada bulan Januari - Februari tahun 2013. Adapun koresponden wanita tercatat sebanyak 3.000 orang, dengan rentang usia 13 tahun-50 tahun dan segmen dari C+ sampai A+.

Survey dilakukan dengan model random sampling di 9 kota besar Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×