kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IRRES: Revisi permen PLTS Atap perlu penuhi sejumlah aspek terlebih dahulu


Selasa, 17 Agustus 2021 / 21:27 WIB
IRRES: Revisi permen PLTS Atap perlu penuhi sejumlah aspek terlebih dahulu
ILUSTRASI. Marwan Batubara


Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indonesian Resources Studies (IRESS) menilai perlu ada pemenuhan sejumlah aspek strategis sebelum revisi Peraturan Menteri ESDM tentang PLTS Atap dilakukan .

Direktur Eksekutif IRESS, Marwan Batubara, mengungkapkan, sejumlah aspek yang tetap harus diperhatikan pemerintah antara lain aspek konstitusional, legal, keadilan, kebersamaan, keberlanjutan pelayanan publik dan berbagai kepentingan strategis nasional.

Marwan memastikan, pihaknya mengapresiasi rencana pemerintah merevisi  Peraturan Menteri ESDM No.49/2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Oleh Konsumen PT PLN guna mencapai berbagai tujuan ideal energi nasional. Dengan demikian, masyarakat luas akan tertarik memasang PLTS Atap di rumah atau kantor masing-masing secara masif dan gotong-royong.

Kendati demikian, revisi Permen ini dinilai lebih fokus pada pertimbangan aspek ekonomi dan bisnis. Dengan begitu, jika berbagai aspek strategis di atas belum terpenuhi secara harmonis dan seimbang, maka revisi Permen harus ditunda.

Baca Juga: Pengamat: IPO Pertamina bakal berdampak pada kemampuan subsidi dan inti bisnis

"Ditengarai motif investasi, bisnis dan perburuan rente lebih mengemuka dibanding kepentingan keadilan, kebersamaan dan keberlanjutan pelayanan BUMN. Terlihat dari upaya Kementerian ESDM yang memaksakan skema tarif ekspor-impor listrik net-metering menjadi 1:1," kata Marwan dalam keterangan resmi, Selasa (17/8).

Marwan menjelaskan, saat ini ketentuan tarif net-metering dalam Permen ESDM No.49/2018 adalah 1:0,65. Artinya, jika saat konsumen mengkonsumsi atau mengimpor listrik dari PLN adalah X per kWh, maka pada saat konsumen mengekspor listrik dari storage di rumah ke jaringan PLN tarifnya adalah 0,65X. 

Tarif ekspor listrik konsumen ke PLN memang lebih rendah dibandingkan dengan tarif impor konsumen dari PLN, karena PLN harus menyediakan berbagai sarana pelayanan. Maka dari itu, perubahan tarif ekspor-impor dari 0,65:1 menjadi 1:1 akan merugikan konsumen dan PLN. 

Sebenarnya tarif ekspor-impor 0,65:1 sesuai Permen No.49/2018 sudah cukup memadai dan menguntungkan konsumen, terutama gaya hidup sebagai pengguna energi bersih dapat diraih bersamaan dengan tagihan listrik yang lebih murah. 

Marwan menambahkan, dalam kajian akademis terbaru oleh sejumlah pakar energi menyatakan bahwa tarif ekspor-impor listrik yang wajar dan adil adalah 0,56:1. Karena telah terlanjur membuat aturan tarif ekspor-impor 0,65:1, maka cukup layak jika pemerintah mempertahankan dan konsumen pun memaklumi. 

Baca Juga: Ramai-ramai pangkas produksi batubara, PTBA potong produksi 20%, tertekan harga?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×