kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan Tol Cibitung-Gabus Indah tidak lama lagi siap beroperasi


Rabu, 16 Desember 2020 / 11:22 WIB
Jalan Tol Cibitung-Gabus Indah tidak lama lagi siap beroperasi
ILUSTRASI. Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 yang akan menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan kawasan industri di timur Jakarta.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak lama lagi, Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah) beroperasi. Hal ini menyusul progres pembangunan jalan bebas hambatan ini yang telah mencapai 97 % dan ditargetkan tuntas pada Januari 2021.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways Thorry Hendrarto mengatakan hal itu kepada Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

"Rampungnya Januari 2021 dan saat ini progres fisiknya (Seksi 1) sudah mencapai 97 %," terang Thorry.

Sementara itu, pembebasan lahan dari Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah) mencapai 100 %. Pembangunan trase tersebut tidak mengalami kendala berarti. Saat ini, Perusahaan sedang dalam proses penyelesaian jembatan yang melintasi Kalimalang.

Meski demikian, Thorry menegaskan, Tol Cibitung-Cilincing belum dapat beroperasi fungsional pada momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ( Nataru). Secara keseluruhan, progres pembangunan Tol Cibitung-Cilincing mencapai 82,4 % per akhir November dan pembebasan lahan 91,6 %.

Jalan bebas hambatan ini diperkirakan tuntas pada pertengahan tahun 2021 atau tepatnya Juli. Perlu diketahui, proyek Tol Cibitung-Cilincing membentang sepanjang 34 kilometer ini dikerjakan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

Baca Juga: Daftar lengkap jalan tol yang bisa dilintasi saat libur Natal dan Tahun Baru

Tol ini terdiri atas 4 seksi yakni, Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah sepanjang 2,96 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 Telaga Asih-Tembelang/Gabus Indah-Muara Bakti sepanjang 9,41 kilometer, Seksi 3 Tembelang-Mekarjaya/Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 13,09 kilometer. Sementara itu, Seksi 4 Mekarjaya-Cilincing/Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 8,56 kilometer.

Keberadaan tol itu diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan dan mengurangi pengeluaran angkutan logistik di wilayah timur ke utara Jakarta serta membuka kesempatan perkembangan perekonomian di sekitarnya. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Lama Lagi, Tol Cibitung-Gabus Indah Beroperasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×