kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga gaet Fadel Muhammad kembangkan kawasan industri


Jumat, 28 Februari 2020 / 07:54 WIB
Jasa Marga gaet Fadel Muhammad kembangkan kawasan industri
ILUSTRASI. Petugas memasang kamera CCTV di Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Minggu (12/5/19). Pemasangan kamera CCTV tersebut untuk memantau kepadatan lalu lintas di area tersebut. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersiap mengembangkan kawasan industri terpadu di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan. Pengembangan usaha non- jalan tol di salah satu koridor atau daerah ruang milik jalan tol yang dikelola perseroan ini dalam rangka optimalisasi aset.

Dalam merealisasikan pengembangan kawasan ini, Jasa Marga menggandeng mitra strategis PT Sentraloka Adyabuana.

Kesepakatan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) ditandatangani Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo dan Direktur Utama PT Sentraloka Adyabuana Fadel Muhammad, di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: Sempat banjir, Jasa Marga pastikan semua ruas Tol Jagorawi sudah beroperasi normal

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, inisiasi kerja sama pengembangan koridor jalan tol ini merupakan bentuk akomodasi terhadap tantangan baru investasi jalan tol.

"Yang akan dikembangkan merupakan kawasan industri, konsepnya clean industrial estate. Sejalan dengan konsep green toll road yang dikembangkan Jasa Marga dan BPJT," jelas Danang menjawab Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Hal ini seiring dengan strategi Jasa Marga yang terbuka terhadap peluang kerja sama dengan pihak swasta. "Ada tantangan baru untuk meningkatkan investasi di jalan tol. Untuk itulah, Jasa Marga perlu mengembangkan beberapa bisnis pendukung, salah satunya dengan mengembangkan koridor jalan tol," kata Danang.

Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo menambahkan, pengembangan kawasan merupakan bagian dari misi perusahaan, dan diharapkan dapat memacu bangkitan lalu lintas. "Pada akhirnya, dapat menjadi revenue stream lainnya," imbuh Adrian.

Adrian mengakui, kendati perseroan memiliki pengalaman di jalan tol, namun untuk bisnis pengembangan kawasan, perlu menggandeng mitra strategis.

Baca Juga: Integrasi tarif Tol Jakarta-Cikampek siap diberlakukan Maret 2020

Selain itu, menurut dia, yang paling utama adalah mitra strategis ini telah memiliki lahan di sekitar koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan.

"Setelah MoU nanti ada tim bersama yang akan mengkaji pengembangan kawasan lebih detail," tuntas Adrian. (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gandeng Fadel Muhammad, Jasa Marga Kembangkan Kawasan Industri",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×