kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang alih kelola, Pertamina gelar diskusi dengan pekerja di Blok Rokan


Senin, 07 Juni 2021 / 07:21 WIB
Jelang alih kelola, Pertamina gelar diskusi dengan pekerja di Blok Rokan
ILUSTRASI. Blok Rokan


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina gelar diskusi secara daring dalam bentuk Townhall Meeting dengan seluruh pekerja CPI pada Kamis (3/6). Diskusi ini digelar menjelang alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan agenda pengenalan singkat dari Pertamina mengenai corporate overview, subholding upstream overview, PHR overview, serta human capital aspects.

“Saya ucapkan selamat datang kepada 2.757 pekerja Chevron Pacific Indonesia, calon pekerja Pertamina Grup," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada pekerja CPI sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (5/6).

Menurut Nicke, alih kelola ke Pertamina sebagai perusahaan nasional akan memberi manfaat yang lebih luas lagi bagi negara baik dari sisi pengelolaan maupun penerimaan negara. Di samping itu, alih kelola ini juga diyakini bisa memperkuat posisi Pertamina sebagai salah satu lokomotif pembangunan dan perekonomian nasional.

“Kami juga memiliki amanah dan tugas mulia di mana kami memiliki target untuk dapat memproduksi migas 1 juta barel pada tahun 2030, untuk itu dibutuhkan komitmen dan dedikasi dari seluruh elemen pekerja khususnya Subholding Upstream untuk dapat mewujudkan cita-cita ini," tegas Nicke.

Baca Juga: Chevron beri lisensi pemakaian 123 aplikasi TI dukung operasi ke Pertamina Hulu Rokan

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi sebagai Subholding Upstream Budiman Parhusip menambahkan, nantinya Blok Rokan bakal dikelola oleh PHR yang saat ini mengelola Wilayah Kerja dan Aset Hulu yang ada di Wilayah Sumatera yang dikenal dengan Regional 1 - Sumatera Subholding Upstream.

"Dengan sistem Regionalisasi ini, antara Wilayah Kerja dan Aset yang saling berdekatan khususnya Sumatera dalam hal ini, dapat dilakukan optimalisasi lapangan dan efektifitas pengembangan operasi. Sehingga dengan bergabungnya Pekerja CPI juga akan lebih membuka kesempatan pengembangan karir," terang Budiman.

Sementara itu, Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin memberi penjelasan mengenai PHR yang juga sebagai Regional 1 – Sumatera di Subholding Upstream Pertamina. Ia menerangkan, PHR tidak hanya mengelola blok Rokan namun juga mengelola seluruh blok atau wilayah kerja Pertamina di Sumatra. 

“Fokusnya adalah kami ingin tumbuh secara signifikan dan sustainable dengan fokus pada semua potensi yang masih bisa dikembangkan. Business Continuity untuk mempertahankan bahkan meningkatkan produksi serta safety dan reliability tetap menjadi yang utama dalam melaksanakan pekerjaan,” kata dia. 

Jaffe menambahkan, Pertamina melalui PHR juga akan memastikan transfer operatorship berjalan lancar agar PHR bisa menyelesaikan program di tahun 2021 dan mencatatkan pertumbuhan  signifikan pada tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga: Alih kelola Blok Rokan ke Pertamina didukung Gubernur Riau, Pertamina sambut baik

Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit dan President Director CPI Albert Simanjuntak menambahkan, kesempatan berdiskusi secara terbuka yang digelar daring ini merupakan langkah positif bagi pihak Chevron maupun Pertamina.

“Melalui acara ini kami berharap pekerja CPI dapat memperoleh wawasan yang menyeluruh mengenai Pertamina, Subholding Upstream dan juga khususnya Pertamina Hulu Rokan,” ujar dia.

Menurut Albert, sumber daya manusia merupakan aset terpenting di setiap perusahaan dan tidak terkecuali di CPI. Albert berharap, para pekerja CPI yang akan bergabung ke PHR bisa memberikan kontribusi terbaiknya meski di masa pandemi Covid-19 sekalipun.

Selanjutnya: Investor hulu migas ramai-ramai hengkang dari pengelolaan blok migas tanah air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×