CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Jerman Minta Pasokan 6 Juta Ton Batubara dari Indonesia


Minggu, 19 Juni 2022 / 18:28 WIB
Jerman Minta Pasokan 6 Juta Ton Batubara dari Indonesia
ILUSTRASI. Jerman dikabarkan berniat memenuhi pasokan batubaranya dari pasar Indonesia.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerman dikabarkan berniat memenuhi pasokan batubaranya dari pasar Indonesia. Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Lana Saria menyebut, permintaan batubara dari Jerman mencapai 6 juta ton.

"(Permintaan) 5 juta hingga 6 juta ton. Pemerintah sudah mengumpulkan perusahaan yang kualitasnya seperti yang diminta pihak Jerman," kata Lana kepada Kontan, Minggu (19/6).

Hingga saat ini pengiriman masih belum dilakukan. Pemerintah Indonesia dan Jerman masih akan melanjutkan kordinasi terkait pengiriman batubara ini.

Lana menambahkan, sejauh ini pun belum ada keputusan final untuk permintaan dari Jerman. Untuk itu, saat ini revisi Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) belum akan dilakukan.

"Bila sudah final akan ada revisi," terang Lana.

Baca Juga: Begini Penjelasan Kementerian ESDM soal ICP Masih Jadi Penentu Tarif Listrik

Tercatat, pada penghujung Mei 2022 lalu, pihak Jerman mengungkapkan keinginannya untuk kerja sama suplai batubara dari Indonesia pada pertemuan antara Menteri ESDM dengan CEO Asosiasi Perusahaan Batubara di Jerman (VDKI) dan juga CEO HMS Bergbau AG, Lars Schernkau di Berlin.

"Pada pertemuan tersebut disampaikan bahwa 50% dari suplai batubara Jerman berasal dari Rusia, dan dengan perkembangan situasi saat ini Jerman ingin mengembangkan kerja sama suplai batubara dari Indonesia," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan resmi, Mei lalu.  

Menteri ESDM juga meminta kiranya VDKI juga bisa berkoordinasi dengan asosiasi perusahaan serupa di kawasan Eropa, termasuk memastikan ketersediaan fasilitas pelabuhan, serta terms and conditions untuk kontrak tersebut.

Baca Juga: Pertambangan Emas Tanpa Izin di Lahan Eks PKP2B Akan Ditindak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×