Reporter: Vatrischa Putri Nur | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberhasilan film "Jumbo" dalam meraih 9,8 juta penonton selama 52 hari penayangan ini nyatanya membangkitkan semangat production house (PH) film animasi lokal.
PT MD Entertainment Tbk (FILM) salah satunya, menyatakan bahwa momentum ini meningkatkan optimisme industri film dalam negeri.
"Tentu saja, kami di MD Entertainment sangat optimis melihat perkembangan industri film animasi dalam negeri. Dan kami akan terus berkarya," terang Chief Communications Officer MD Entertainment, Astrid Suryatenggara, kepada Kontan.co.id pada Jumat (23/5).
MD Entertaintment melalui anak bisnisnya, MD Animation, juga telah merilis salah satu tayangan animasi terkenal "Adit Sopo Jarwo" sejak 2012. Film Panjang "Adit Sopo Jarwo" pun sudah tayang di platform OTT (Over-The-Top) Disney+Hotstar sejak 2021.
Baca Juga: Jumbo Meledak di Pasaran! Picu Industri Film Animasi Lokal Bangkit
Lebih lanjut, Astrid membeberkan mengenai tantangan pembuatan film animasi saat ini. Menurutnya, tantangan terbesar terletak pada timeline dan biaya pembuatan film.
"Tantangan terbesar dalam produksi animasi biasanya ada pada timeline, sumber daya manusia, dan pembiayaan. Cara mengatasi tantangan salah satunya adalah dengan membangun ekosistem yang sehat dengan melibatkan studio-studio animasi lokal," tambahnya.
Ada pun, ia juga membeberkan mengenai strateginya dalam melakukan pemasaran film, supaya karya-karya film lokal makin dikenal dan bisa menembus pasar luar negeri.
Pertama, strategi MD Entertaintment adalah mengangkat cerita-cerita yang memiliki local heart with global appeal.
Baca Juga: Jumbo Pecahkan Rekor! Jadi Film Animasi Asia Tenggara Terlaris Sepanjang Masa
"Artinya, konten yang tetap berakar pada budaya Indonesia tapi dikemas dengan gaya narasi dan estetika visual yang relevan secara internasional," bubuhnya.
Kemudian kedua, guna menjangkau pasar global, MD Entertaintment memanfaatkan platform digital seperti yang telah dilakukan, misal dengan menayangan ASJ The Movie di Disney+Hotstar.
Terakhir, Astrid menyampaikan bahwa MD Entertainment bersama MD Animation bakal terus berkomitmen untuk lebih aktif dalam produksi film dan serial animasi.
Selanjutnya: ICX Catatkan Nilai Dana yang Dihimpun Mencapai Rp 1,51 Miliar pada Kuartal I-2025
Menarik Dibaca: Promo Superindo Hari Ini 23-25 Mei 2025, Daging Sengkel-Beras Merah Harga Spesial
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News