kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI buka layanan angkutan barang, begini cara kirim barang via Rail Express


Rabu, 29 Juli 2020 / 15:48 WIB
KAI buka layanan angkutan barang, begini cara kirim barang via Rail Express


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membuka layanan angkutan barang station to station di empat titik stasiun DKI Jakarta, yakni Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Cikampek.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, cara pengiriman barang menggunakan Rail Express diantaranya dimulai dengan pengguna yang menyerahkan barang ke loket. Kemudian penimbangan barang dan penempelan stiker pada barang. Selanjutnya pemuatan barang ke dalam kereta bagasi hingga akhirnya proses pengiriman barang.

“Kami akan melakukan pembongkaran barang dari dalam kereta bagasi dilakukan sebelum pada akhirnya pengguna jasa mengambil barang di loket Rail Express lokasi tujuan,” jelasnya dalam siaran resmi, Selasa (28/7).

Baca Juga: Jelang Idul Adha, PT KAI tebar potongan tarif tiket kereta hingga 25%

Dia menuturkan, Rail Express menyediakan layanan kiriman barang ritel di antaranya barang industri, paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya. PT KAI Daop 1 pada periode 1 Juni hingga 27 Juli 2020 telah mengangkut sebanyak 5.422 ton berbagai jenis angkutan melalui Rail Express.

Tarif murah menjadi salah satu keunggulan Rail Express, misalnya untuk rute Jakarta ke Bandung tarifnya hanya Rp600/kg, Jakarta ke Surabaya hanya Rp1.500/kg dan Jakarta ke Malang hanya Rp1.700/kg. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas cc mesin.

“Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal. Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan,” katanya.

Baca Juga: Pergi naik keretaapi, rapid test di stasiun cuma bayar Rp 85.000

Layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur.

Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditi termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan.

Pada loket pelayanan Rail Express, KAI menerapkan social distancing, menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, petugas wajib menggunakan masker dan rutin diperiksa kesehatannya. Di samping itu, petugas tetap melakukan pemeriksaan barang dan menjaga kebersihan sarana angkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×