Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kampanye belanja tanggal kembar (double date) kini menjadi mesin penggerak utama penjualan e-commerce di Tanah Air. Momentum tersebut terbukti efektif memacu transaksi, seiring meningkatnya antusiasme masyarakat terhadap diskon besar dan ongkir gratis yang ditawarkan berbagai platform.
Itu sebabnya, platform e-commerce rutin menggelar program kampanye belanja tanggal kembar. Tokopedia & TikTok Shop by Tokopedia (TikTok Shop) misalnya, tengah mempersiapkan diri menggelar program promo Guncang 11.11 yang akan berpuncak pada 11 November 2025.
Senior Director of Tokopedia & TikTok E-commerce Indonesia, Stephanie Susilo mengungkapkan, inisiatif kampanye tanggal kembar yang rutin dilakukan telah mendorong jumlah pesanan yang manuk rata-rata 45%. “ Inisiatif ini menaikkan jumlah penjual sebesar 46,8%,” ujar Stephanie, Rabu (5/11/25).
Adapun produk terlaris di Tokopedia pada program promo guncang 10.10 antara lain handphone, tablet, otomotif, makanan-minuman, dan perawatan diri. Sedangkan di TikTok Shop ada pada segmen fashion muslim, kecantikan, dan makanan ringan.
Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Ajak 6 Brand Lokal Hadirkan Tren Terbaru di JFW 2026
Berdasarkan data, lanjut Stephanie, rata-rata peningkatan transaksi sejumlah kategori produk, seperti Makanan dan Minuman serta Elektronik dan Otomotif, berkat Gajian Sale dan Promo Guncang, tercatat masing-masing sebesar 58,4% dan 75.5%.
Menurut Stephanie, lonjakan trasaksi terjadi pada kategeri makanan dan minuman serta elektronik dan otomotif menunjukkan bahwa semakin banyak pembeli yang percaya bahwa mereka bisa belanja aman lewat Tokopedia maupun TikTok Shop.
Stephanie melihat bahwa belakangan telah terjadi pemerataan pertumbuhan penjualan di seluruh Indonesia. Pasalnya, beberapa daerah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia justru berasal dari luar wilayah utama seperti Gorontalo, Manduku, dan Kalimantan Selatan.
Sementara di TikTok Shop, peningkatan transaksi terbesar pada program guncang 10.10 datang dari Sulawesi Tenggara, Maluku dan Jambi. Menurut Stephanie, hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital tidak hanya terpusat di kota besar, melainkan juga merata di berbagai daerah.
Pada puncak Promo Guncang 11.11, pembeli dapat menikmati berbagai benefit yang bisa membuat pengalaman #BelanjaAman makin terjangkau, seperti Dibayarin Tokopedia Belanja Hingga Ratusan Juta, diskon hingga Rp1,2 juta, voucher 99%, dan flash sale serba Rp11 ribu di Tokopedia, serta diskon s.d. Rp1,1 juta, voucher 50%, dan gratis ongkir sepuasnya di TikTok Shop.
Baca Juga: TikTok Perkuat Ekosistem Musik Lokal Lewat Program Rising Indonesia 2025
Ada yang baru di rangkaian Gajian Sale dan Promo Guncang 11.11 tahun ini. Tokopedia menggandeng aplikasi belajar bahasa Duolingo lewat kolaborasi unik antara dua maskot ikonik—Toped dan Duo—yang dikenal mirip. Sejak 25 Oktober 2025, keduanya tampil berdampingan di media sosial, platform digital, hingga billboard, menampilkan “rivalitas” jenaka yang mencuri perhatian.
Head of Marketing Tokopedia Jonathan Theon Locanawan menyebut, kolaborasi ini menjadi cara Tokopedia menjaga relevansi sekaligus menegaskan kekuatan merek dan kekayaan intelektual (KI) lokal. Hasilnya, konten pengumuman kolaborasi ini mencatat impression dan engagement 80,74% lebih tinggi dari rata-rata.
Fitur affiliate
Sejumlah seller mall Tokopedia dan TikTok Shop melihat peluang pertumbuhan di platform digital masih besar. Penjualan di marketplace seperti Tokopedia dan TikTok terus naik, sementara toko offline mulai melambat.
Afra Viena Lyanto, Chief External Relation Sovlo, mengatakan pihaknya memaksimalkan fitur dan ruang kreativitas digital untuk menghadapi persaingan. Kampanye besar seperti Guncang 10.10 dan 11.11 turut mendorong penjualan.
Selain itu, dukungan fitur yang beragam pada platform e-commerce sangat membantu seller dalam memacu penjualan. “Fitur paling berdampak adalah program affiliate, yang kini menyumbang sekitar 50% penjualan, terutama di Tokopedia,” ujarnya.
Baca Juga: Strategi TikTok Bidik Pertumbuhan UMKM Kuliner Melalui Food Fest 2025
Senada, Hanny Zeng, Founder & CEO Jims Honey, menyebut kontribusi affiliate bisa mencapai 55–60%. Fitur ini efektif menarik konsumen muda dan menjaga relevansi brand di segmen fashion yang sangat dipengaruhi gaya dan gengsi.
Sementara Alfonsus Ivan Kurniadi, Founder Sepatu Kanky, menilai TikTok Shop membantu meningkatkan penjualan sekaligus memberi akses data penting yang bisa diacres penjualan. “Data penjualan membantu kami memproyeksikan stok dan mengenali peluang baru. Dengan memanfaatkan data itu, kami bisa mengenali kelemahan sekaligus peluang yang ada dan memaksimalkannya.” pungkasnya.
Selanjutnya: Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Ekspansi Gerai ke Luar Jawa
Menarik Dibaca: Baterai Xiaomi Anda Cepat Habis? Jangan Khawatir, Ini Solusi yang Bisa Dilakukan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













