kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,90   6,30   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kecilin.id bisa kompres database dan gambar, penggunanya sudah 1.500 orang per hari


Jumat, 09 Agustus 2019 / 11:24 WIB
Kecilin.id bisa kompres database dan gambar, penggunanya sudah 1.500 orang per hari


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Start up di bidang kompresi database, Kecilin.id memulai debutnya melayani konsumen pada tahun 2018. Salah satu misinya adalah membuat kesetaraan dalam mengakses informasi meskipun adanya keterbatasan data internet dengan memberikan kompresi yang efisien terhadap file database.

"Sekitar tahun 2016 saya menemukan bahwa kompresi mempunyai value yang sangat tinggi. Sejak itu saya melakukan riset mengenai kompresi baik itu melalui internet, Buku Compression Handbook karya David Solomon dan dari sumber lainnya. Pada tahun 2018 kami mulai meluncurkan Kecilin.id dengan tujuan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin melakukan kompresi secara cepat dan mudah", ujar Christoper Farrel Millenio Kusuma, Founder Kecilin.id, dalam siaran pers, Jumat (9/8).

Baca Juga: Unicorn disesaki modal asing karena investor lokal belum jeli lihat peluang

Kata dia, perbedaan Kecilin dengan yang lain adalah core algoritma yang diciptakan oleh Kecilin.id bedaraskan Genetic Algorithm yang memberikan  kompresi yang tinggi, proses kompresi yang cepat tetapi kebutuhan penggunaan power yang sangat rendah. Kecilin memiliki kemampuan untuk kompres file database hingga 99,99% dan tidak ada perubahan di matric data atau biasa disebut lossless.

Kecilin.id juga memiliki kemampuan untuk kompresi gambar hingga 90% dan kompresi video hingga 75% tanpa mengurangi kualitas media tersebut. Farrel mengatakan, sebagai contoh Kecilin.id mampu melakukan kompresi gambar dari 1,48 GB menjadi 215 MB tanpa mengurangi kualitas gambar.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk mencoba melakukan kompresi data maupun gambar secara online di website kami www.kecilin.id", ujar Farrel.

Saat ini, kata dia, pengguna di Kecilin.id telah mencapai lebih dari 1.500 pengguna setiap harinya dan pihaknya yakin angka ini akan terus bertambah dikarenakan layanan yang ditawarkan sangat berguna bagi masyarakat baik perseorangan maupun pelaku usaha.

Baca Juga: Nilai pasar e-commerce pada 2022 bisa tembus Rp 910 triliun

"Digiasia sangat senang bisa menjadi bagian dari Kecilin.id sejak awal. Kami yakin dengan apa yang Farrel dan team lakukan akan membawa manfaat yang besar dan akan menjadi kebutuhan banyak orang kedepannya nanti," ujar Alexander Rusli, Founder Digiasia Bios.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×