kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar pertumbuhan kinerja, ini strategi yang disiapkan Mandom Indonesia tahun depan


Selasa, 01 Desember 2020 / 20:02 WIB
Kejar pertumbuhan kinerja, ini strategi yang disiapkan Mandom Indonesia tahun depan
ILUSTRASI. produk kosmetika buatan PT Mandom Indonesia, Tbk. /Pho.Daniel/05/01/2006/KONTAN/difile oleh Daniel


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk siap menyongsong tahun 2021 dengan sikap optimis. Tahun depan, emiten barang konsumer berkode saham TCID tersebut mengejar pertumbuhan kinerja penjualan.

Untuk memacu kinerja, TCID telah menyiapkan beberapa strategi, salah satu di antaranya dengan menggencarkan aktivitas penjualan dan pemasaran melalui kanal digital. Mengutip hasil riset Nielsen, Direktur PT Mandom Indonesia Tbk, Tiurma Rondang Sari mengatakan bahwa 30% konsumen di Indonesia menyatakan berencana lebih sering berbelanja online di masa pandemi.

“Untuk itu, meningkatkan eksistensi di e-commerce menjadi salah satu strategi yang kami terapkan tahun ini,” kata perempuan yang akrab dengan sapaan Rondang tersebut dalam acara paparan publik virtual, Selasa (1/12).

Saat ini, TCID sudah membuka toko resmi atawa official store pada beberapa e-commerce, yaitu Shopee, Lazada dan Sociolla. Bersamaan dengan aktivitas penjualan digital tersebut, TCID juga melakukan aktivitas pemasaran melalui akun resmi sosial media perusahaan baik yang terpusat maupun yang dikelola oleh tim perusahaan per daerah.

Diakui Rondang, kontribusi penjualan digital dalam total penjualan TCID masih di bawah double digit. Meski begitu, TCID mencatat bahwa pertumbuhan penjualan di kanal digital  selalu meningkat dari waktu ke waktu sehingga penjualan di kanal tersebut dinilai prospektif.

Selain menggencarkan aktivitas penjualan dan pemasaran secara  digital, TCID juga melakukan strategi penyesuaian produk dengan memaksimalkan penjualan barang-barang yang permintaannya tinggi. Segmen barang-barang yang dimaksud meliputi produk-produk wewangian atawa fragrance dan juga produk-produk perawatan kulit aias skin care.

Baca Juga: Mandom Indonesia (TCID) Mengantisipasi Perubahan Pasar

Untuk itu, TCID telah memperkuat portfolio produknya di lini produk perawatan tubuh. Pada paruh kedua tahun ini, TCID telah merilis produk anyar Pixy White Aqua di lini produk tersebut.

Menurut Rondang, kebutuhan produk-produk make up cenderung melesu di tengah pandemi, sebab intensitas kegiatan masyarakat di luar rumah menurun. Di sisi lain, permintaan produk-produk skin care relatif lebih baik, karena perhatian konsumen terhadap kesehatan meningkat di masa pandemi Covid-19. 

Barang-barang wewangian juga demikian, TCID mencatat permintaan produk tersebut relatif lebih baik ketimbang produk-produk make up.

“Kondisi ini dipengaruhi oleh pembatasan aktivitas masyarakat sehingga penggunaan produk personal grooming dan makeup menjadi berkurang. Berbeda dengan wangi-wangian, pada dasarnya konsumen indonesia senang menggunakan parfum ataupun deodoran bahkan saat di rumah,” terang Rondang.

Sejauh ini, TCID belum membeberkan berapa belanja modal atawa capital expenditure (capex) yang akan dianggarkan untuk tahun depan. Namun, TCID memproyeksi tidak akan melakukan investasi terlalu banyak menimbang situasi pasar yang diperkirakan akan masih berada dalam kondisi pemulihan pada tahun depan.

Sepanjang Januari-September 2020 lalu, TCID mencatatkan penjualan bersih sebesar  Rp 1,47 triliun, turun 32,14% dibanding penjualan periode sama tahun lalu yang mencapai Rp 2,16 triliun.

Seiring dengan penjualan yang turun, TCID membukukan rugi bersih sebesar Rp 75,38 miliar di sepanjang Januari-September 2020. Padahal, sebelumnya TCID mampu mencetak laba bersih Rp 134,33 miliar pada Januari-September tahun lalu.

Selanjutnya: Strategi Mandom Indonesia (TCID) kerek kinerja di masa pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×