kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Kembangkan tanaman Indonesia, perusahaan kosmetik Korsel gaet sekolah Farmasi ITB


Sabtu, 08 Februari 2020 / 08:46 WIB
Kembangkan tanaman Indonesia, perusahaan kosmetik Korsel gaet sekolah Farmasi ITB
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Women shop for cosmetics and face care products at a mall in Kuala Lumpur August 27, 2016. REUTERS/Edgar Su/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD - SEARCH GLOBAL BUSINESS 17 APR FOR ALL IMAGES

Reporter: Fahriyadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terobosan baru dalam inovasi pengembangan dan produksi produk kosmetik yang menggunakan tanaman asli Indonesia terus dilakukan.

Kali ini perusahaan kosmetik manufaktur asal Korea Selatan, PT Cosmax Indonesia menggandeng Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan rangkaian penelitian bersama terhadap material kosmetik berbahan dasar tanaman asli Indonesia yang nantinya produk tersebut akan diperkenalkan ke seluruh dunia.

Kesepakatan joint research tersebut dituangkan dalam MoU tentang Tanaman Asli Indonesia yang ditandatangani oleh pihak PT Cosmax Indonesia dan Sekolah Farmasi ITB di Kampus ITB, Bandung pada Kamis (6/2) lalu.

Dalam kerja sama tersebut, Cosmax Indonesia dan Sekolah Farmasi ITB akan melakukan tes prototipe, uji klinis terhadap bahan kosmetik baru yang akan dikembangkan, serta akan mendaftarkannya ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Dulu sering dibuang dan dianggap makanan ular, kini porang disayang seperti emas

Kemudian material kosmetik yang menggunakan tanaman asli Indonesia tersebut nantinya akan dipasarkan ke seluruh dunia seperti Korea, China, Amerika dan negara lainnya melalui Global Network Cosmax Group.

"Joint Research ini akan menjadi peluang berharga untuk berkontribusi pada perkembangan industri Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia yang kaya dalam industri,” ujar Dekan Sekolah Farmasi ITB Daryono Hadi Tj dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/2).

Cosmax Indonesia meyakini kerjasama ini akan berdampak positif ke depannya. Terlebih Sekolah Farmasi ITB sudah berfasilitas clinical research lab dan industrial research lab sehingga hasil clinical penelitian dapat diimplementasikan pada industri yang terkait.

Cosmax dan Sekolah Farmasi ITB ini juga berencana meneliti tanaman yang memiliki fungsi Anti-Acne, Anti-Oxidant dan Brightening dengan material ekstrak dari tanaman asli Indonesia.

Baca Juga: Laba Cantik dari Bisnis Kosmetik Alami

“Ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan alam Indonesia dan teknologi Korea kepada dunia melalui joint research antara Cosmax yang dikenal dengan keunggulan teknologinya dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa joint research akan berlanjut,” tegas Direktur RNI Center Cosmax, Park Myeong-Sam.

Selain itu, dengan menghadirkan unsur alam ke dalam produk kecantikan diyakini juga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan industri kecantikan.

“Dengan meningkatnya minat pada kosmetik yang berpusat pada konsumen milenial, kami berharap dapat memberikan kecantikan dari alam ke pasar kosmetik Indonesia, yang telah mencatat pertumbuhan lebih dari dua digit setiap tahunnya,” jelas Presiden Direktur Cosmax Indonesia, Cheong Min-Kyoung.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×