kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemendag buka keran impor raw sugar asal India


Rabu, 19 Februari 2020 / 15:41 WIB
Kemendag buka keran impor raw sugar asal India
ILUSTRASI. Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal melanggengkan rencana melakukan impor raw sugar asal India. REUTERS/Khalid al-Mousily


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal melanggengkan rencana melakukan impor raw sugar asal India. Sebagai gantinya, akses komoditas CPO Indonesia ke pasar India juga dibuka lebar. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan bahwa hubungan dagang Indonesia dengan India selama ini sangat baik.

Ia menyebut saat ini perdagangan ke India selalu surplus dan dengan peningkatan hubungan dagang ini bakal memberikan imbas yang baik bagi kedua negara. Apalagi kebutuhan India akan CPO sangat besar mengingat India melakukan boikot terhadap produk CPO asal Malaysia.

Baca Juga: Kemendag keluarkan persetujuan impor mentah untuk semester I-2020

“Mereka juga sangat membutuhkan CPO dan ada beberapa peluang yang kami bicarakan dengan mereka dan mereka tertarik. Jadi semacam pertukaran, makanya kami diskusikan secara detail apa yang mereka ingin masuk dan kita masuk kesana jadi lebih sinergi dan kompak,” ujarnya di Jakarta, Rabu (19/2)

Apalagi sebelumnya pemerintah memutuskan untuk menurunkan standar Internatiomal Commission For Uniform Methods of Sugar Analysis (ICUMSA) untuk gula mentah yang diimpor oleh pemerintah. Sebelumnya sesuai dengan Permerindag No 527/2004 pasal 2 disebutkan ketentuan impor gila diwajibkan memiliki ICUMSA diatas 1.200.

“Kami akan buka impor gula dari India, dan ini sesuai dengan pertemuan bilateral antara PM Modi dan Presiden Jokowi. Kita melihat dengan perdagangan ini mereka ingin masuk juga ke Indonesia dan kami juga ada alternatif raw sugar. Standarnya kami turunkan dari 1.200 ICUMSA menjadi 600 ICUMSA tinggal harmonisasi perubahan saja,” lanjutnya.

Baca Juga: Industri gula rafinasi kantongi izin impor 1,1 juta ton untuk semeter I 2020

Asal tahu saja, saat ini Malaysia juga merayu India untuk kembali membeli CPO miliknya dengan komitmen meningkatkan impor raw sugar asal India. Bahkan MSM Malaysia Holdings Berhad (MSMH.KL) berencana membeli 130.000 ton raw sugar dari India pada kuartal I tahun ini.

Oleh karena itu, peningkatan perjanjian dagang dengan Indonesia ini menjadi solusi India untuk memenuhi kebutuhan CPO-nya dan melakukan ekspor raw sugar selain ke Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×