kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemperin mengadakan program inkubator bisnis kreatif


Kamis, 27 Desember 2018 / 19:22 WIB
 Kemperin mengadakan program inkubator bisnis kreatif
ILUSTRASI. Kemenperin Dorong IKM Kembangkan Kopi Khusus


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Genjot wirausaha di Indonesia 4% dari total jumlah penduduk, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencanangkan program inkubator bisnis kreatif melalui lomba strartup cloud computing. Adapun program tersebut untuk mengimplementasikan program industri 4.0.

Gati Wibawaningsih, Dirjen IKM menyebutkan bahwa untuk menjadi industri yang maju, jumlah wirausaha harus 4% dari total jumlah penduduk. "Nah, Indonesia jumlah wirausaha baru sekitar 3%," tuturnya saat dihubungi kontan.co.id, Kamis (27/12).

Ia melanjutkan kembali bahwa dari Kemenperin sendiri menargetkan hingga akhir tahun 2020 dapat menghasilkan 20.000 wirausaha baru. Karenanya, berbagai program dilakukan guna mendorong pertumbuhan wirausaha baru, salah satunya inkubator bisnis kreatif.

Melalui program tersebut, para pelaku usaha mengikuti kegiatan yang mana dari pemerintah telah bekerja sama dengan dengan para akademisi. "Untuk kegiatannya ada creative talk, itu untuk menjembatani anak-anak kreatif saja," tuturnya.

Sedangkan untuk lombanya, para pemenang disebutnya akan mendapatkan akses kerja sama dengan Amazon selama 1 tahun. Selain itu, para pemenang juga akan dipertemukan dengan para angel investornya.

Untuk pesertanya sendiri, Gati bilang terbuka untuk siapa saja pun demikian dengan sektornya. "Terbuka untuk siapa saja karena sistemnya open source," pungkasnya.

Sekedar informasi, untuk program startup cloud computing sendiri pemerintah telah melaksanakan batch pertama yang kemudian ditutup dengan acara Festival Semarak IKM yang mana program tersebut menjadi salah satu program tahunan yang digalakan untuk menggenjot jumlah wirausaha Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×