kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenperin: Penggunaan kertas daur ulang di industri makin pesat


Minggu, 12 Juli 2020 / 17:40 WIB
Kemenperin: Penggunaan kertas daur ulang di industri makin pesat
ILUSTRASI. Petugas Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor menjemur kertas daur ulang Safari Poo Paper dari bahan limbah kotoran gajah di TSI, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jum'at (1/3/2109). Produksi kertas daur ulang Safari Poo Paper dari 200 kg limbah kotoran


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin mengungkapkan tingginya kesadaran dunia terhadap masalah lingkungan serta keterbatasan pasokan kayu membuat penggunaan kertas daur ulang berkembang pesat pada dekade terakhir ini.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi menyatakan laju kebutuhan kertas di pasar global semakin besar hingga 2% per tahun sehingga menjadikan sektor industri kertas cukup potensial untuk dikembangkan.

“Sampai saat ini, kertas masih dipercaya sebagai bahan yang paling efektif dan efisien untuk media pengemasan, khususnya kertas industri,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (11/7).

Baca Juga: Mulai hari ini, jangan minta kantong plastik saat belanja, kenapa?

Adapaun jenis kertas tertentu yang dapat dijadikan bahan baku di sektor industri, antara lain kertas koran, sack kraft, dan paperboard.

Selain karena tingginya kesadaran akan lingkungan. pemakaian kertas daur ulang sebagai bahan baku industri kertas, lanjut Doddy,  juga dipengaruhi oleh harganya yang relatif murah serta adanya dukungan teknologi yang dapat dipakai untuk membuat kertas dengan kualitas yang baik.

Lebih lanjut, sistem penggunaan kertas bekas dapat melibatkan semua sektor di bidang persampahan seperti pengumpul, pengepul, pemulung, pendaur ulang, fasilitas pembuangan hingga konsumen dan produsen.

“Penggunaan kertas bekas ini sesuai dengan pola ekonomi sirkular dengan mengubah kembali limbah kertas menjadi bahan baku industri kertas,” kata Doddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×