kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian ESDM Sedang Susun Kepmen untuk Permen PLTS Atap


Jumat, 21 Oktober 2022 / 16:51 WIB
Kementerian ESDM Sedang Susun Kepmen untuk Permen PLTS Atap
ILUSTRASI. Instalasi panel surya PLTS Atap


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menyusun Keputusan Menteri (Kepmen) sebagai petunjuk teknis dari Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2021 tentang PLTS Atap yang Terhubung Pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum (IUPTLU).

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sekaligus Plt. Dirjen Ketenagalistrikan, Dadan Kusdiana mengatakan, nanti akan ada Keputusan Menteri yang akan menjelaskan petunjuk teknis (juknis) perihal sebetulnya berapa kapasitas maksimum PLTS Atap yang bisa dipasang.

“Kemarin itu kan Permen, Permennya yang berlaku tetapi untuk Kepmen itu sekarang petunjuk teknisnya. Misalnya, sekarang saya ingin masangnya 10 tetapi menurun PLN hanya bisa 2, nah itu yang akan lebih dijelaskan dalam Kepmen,” jelasnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (21/10).

Dadan mengakui, Kepmen PLTS Atap ini prosesnya sudah hampir final dengan PLN dan tinggal prosesnya di Kementerian ESDM. “Semoga dalam tiga mingguan ini bisa selesai,” harapnya.

Baca Juga: Gubernur Bali: Banyak Pelaku Usaha Mundur Pasang PLTS Atap

Setelah Permen 26/2021 tentang PLTS Atap terbit, sejumlah pelaku usaha mengeluhkan soal pembatasan pemasangan PLTS Atap maksimum 15% dari kapasitas listrik terpasang.

Menurut Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) hal ini dinilai bertentangan dengan Permen PLTS Atap 26/2021 yang mengatur bahwa pemasangan PLTS Atap maksimum 100% dari kapasitas terpasang.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia, Fabby Tumiwa mengakui pengembangan pembangkit surya masih terhambat oleh kebijakan PLN yang membatasi maksimal pemasangan PLTS Atap maksimum 15% dari kapasitas listrik yang terpasang.

Fabby menyatakan, PLN memberikan syarat tambahan untuk pengajuan izin PLTS, misalnya diminta untuk membuat load flow analysis dan lainnya. Adapun permintaan ini berbeda-beda dari satu wilayah dengan wilayah lain.

Adapun dalam beberapa kasus, lanjut Fabby, PLN juga meminta pelanggan rumah tangga naik daya ke 10 kVA atau lebih tinggi untuk pasang 2 kWp. Sebagai catatan, dari perhitungan AESI minimum kapasitas PLTS skala kecil 2 kWp untuk rumah tangga, idealnya 3 KWp untuk pelanggan rumah tangga 2,200 VA.

“Keluhan banyak. Seperti saya sampaikan PLN minta banyak syarat tambahan dan waktu pemberian izin juga tidak pasti,” ungkap Fabby kepada Kontan.co.id, Kamis (20/10).

Dia juga menyatakan, ada kasus lain di mana PLN menyatakan exim meter tidak tersedia jadi pelanggan harus menunggu. Kasusnya berbeda-beda antara wilayah satu dengan lainnya.




TERBARU

[X]
×